Ramadan 2019

Inilah 6 Keuntungan Mudik dengan Transportasi Umum Selain Pesawat

Transportasi umum seperti bus dan kereta api bisa menjadi solusi saat Anda mudik tidak membawa kendaraan sendiri. Ditambah lagi bila Anda tak membeli

Inilah 6 Keuntungan Mudik dengan Transportasi Umum Selain Pesawat
SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Ilustrasi - Suasana arus mudik lebaran menggunakan Damri yang diprediksi terjadi lonjakan pada H-6 Lebaran, Jumat (8/6/2018). 

SRIPOKU.COM - Transportasi umum seperti bus dan kereta api bisa menjadi solusi saat Anda mudik tidak membawa kendaraan sendiri. Ditambah lagi bila Anda tak membeli tiket pesawat karena tak ramah di kantong, takut naik pesawat, atau bahkan kehabisan tiket.

Tantangan naik transportasi umum selain pesawat adalah Anda akan repot berdesak-desakkan, lama menunggu, kondisi perjalanan yang tidak pasti, dan kegerahan karena mungkin kendaraan yang Anda pilih tidak memiliki AC.

Polres Empatlawang Siapkan Mobil SIM Keliling, Pemudik Bisa Perpanjang SIM di 2 Lokasi Ini

Gubernur Sumsel Herman Deru Canangkan Program Sebulan Sekali Naik Transportasi Umum

Biarpun begitu, jangan buru-buru mengeluh saat Anda harus naik transportasi umum selain pesawat saat mudik lebaran nanti. Berikut keuntungan yang didapatkan kalau naik transportasi umum:

1. Mengurangi kemacetan
Banyaknya pengguna jalan yang menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, rentan menimbulkan kemacetan. Naik kendaraan umum adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan setiap individu untuk membantu mengurangi kemacetan.

2. Menghemat biaya
Menggunakan transportasi umum seperti angkot, bus, ataupun kereta biasanya jauh lebih murah dibandingkan Anda menggunakan kendaraan pribadi. Ini tentunya bisa menjadi salah satu cara, supaya Anda bisa lebih hemat saat mudik Lebaran.

3. Membuat Anda bisa bersosialisasi
Apabila Anda menggunakan transportasi umum, Anda jadi bisa bercakap-cakap dengan penumpang yang lain. Hal ini bisa menambah jaringan pertemanan Anda menjadi lebih luas. Tentunya ini bisa terjadi kalau selama perjalanan Anda tidak hanya fokus dengan gadget.

4. Bisa melihat hal-hal Baru
Menggunakan transportasi umum Anda jadi bisa menikmati suasana sekitar karena fokus Anda tidak pada kemudi.

Anda bisa melihat perkembangan daerah-daerah yang Anda lalui, kondisi terminal, stasiun maupun pelabuhan dibandingkan saat terakhir Anda lewati dulu.

Anda juga bisa mengamati keberagaman orang-orang yang kebetulan satu kendaraan dengan Anda.

5. Tidak lelah menyetir
Dibandingkan Anda harus menyetir kendaraan sendiri dengan jarak yang jauh ke lokasi kampung halaman, naik transportasi umum dipilih karena pertimbangan stamina badan.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved