Berita Banyuasin

Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Banyuasin Pantau Ketersediaan Sembilan Bahan Pokok

Dinas Koperasi Perdagangan UKM Banyuasin melakukan pemantauan di Pasar Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, Rabu (22/5/2019).

Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Banyuasin Pantau Ketersediaan Sembilan Bahan Pokok
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Drs Lukman, Kepala DPKUKM Banyuasin 

Laporan wartawan sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, BANYUASIN- Kepala Dinas Koperasi Perdagangan UKM Banyuasin, Lukman beserta jajaran melakukan pemantauan di Pasar Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, Rabu (22/5/2019).

Untuk menjaga ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) selama bulan suci ramadhan dan menyambut hari raya idul fitri, masih stabil.

Selain memantau harga sembako, pihaknya juga mengawasi produk yang membahayakan konsumen, pembeli.

"Kita fokuskan pemantauan ketersediaan barang (sembako)," kata Lukman didampingi Kabid Perdagangan Budi.

Selain itu, dilakukan pengecekan harga sembako, karena biasanya sembako dan harga barang lainnya mengalami kenaikan.

Terakhir pihaknya melaksanakan pemeriksaan terhadap makanan seperti tahu dan lain sebagainya.

"Kita periksa, jika ditemukan mengandung zat berbahaya. Kita akan laporkan ke satgas pangan, untuk ditindaklanjuti," tutur Lukman seraya berucap pihaknya terus berupaya mengawasinya. Sejauh ini, harga sembako masih stabil.

Petani Padi Sawah di Sukamulya Kecamatan Semendawai III OKU Timur Keluhkan Serangan Hama Tikus

Sumatera Terkena Pembatasan Pengguna WhatsApp, Instagram, Facebook, Ini Daftarnya Palembang?

TNI dan Polri di Kabupaten Lahat Gelar Patroli Gabungan

Diakuinya kalau makanan yang dijual oleh pedagang, Lukman menerangkan, kalau pihaknya tidak menyalahkan pedagang. "Tapi kita himbau, tidak lagi jual makanan yang dianggap mbahayakan," tegasnya.

Lukman menambahkan, kalau sudah menginstruksikan kepada seluruh UPTD pasar untuk meninjau dan memantau harga sembako. "Itu saya instruksikan, bahkan tiap pagi saya telpon langsung kepala pasarnya untuk menanyakan masalah harga," ungkapnya.

Kegiatan ini sendiri merupakan instruksi langsung dari Bupati Banyuasin H Askolani SH MH dan Wakil Bupati Banyuasin H Slamet SH, agar tidak ada keresahan dan kegaduhan dari masyarakat terkait masalah stok dan harga sembako menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah nanti.

Dijelaskan Budi, dari hasil kegiatan itu,  harga bawang merah dijual pedagang sekitar Rp 25 ribu per kg, bawang putih Rp 32 ribu per kg, cabai merah Rp 20 ribu per kg, cabai keriting Rp 25 ribu per kg, daging ayam Rp 29 ribu per kg, daging ayam kampung Rp 65 ribu per kg, daging sapi Rp 130 ribu per kg, beras selancar Rp 190 ribu per 20 kg, beras topi koki Rp 197 ribu per 20 kg.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved