Berita Palembang

PDIP Akui Kehilangan Kursi Legislatif Efek Pilpres, Namun Tetap Ucapkan Terima Kasih Ini Alasannya

PDIP Akui Kehilangan Kursi Legislatif Efek Pilpres, Namun Tetap Ucapkan Terima Kasih Ini Alasannya

PDIP Akui Kehilangan Kursi Legislatif Efek Pilpres, Namun Tetap Ucapkan Terima Kasih Ini Alasannya
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
PDIP Akui Kehilangan Kursi Legislatif Efek Pilpres, Namun Tetap Ucapkan Terima Kasih Ini Alasannya 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Meski mengaku kehilangan kursi legislatif akibat efek Pilpres, namun DPD PDIP Sumsel mengucapkan terima kasih atas raihan suara tertinggi di Sumsel untuk Partai Politik.

Menurut Ketua DPD PDIP Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas SE MM mengatakan, Efek Pilpres kalau di Pulau Jawa diuntungkan, tapi ketimbang terbalik di Sumsel kehilangan kursi. Pihaknya pendukung Pak Jokowi harus mengakui kekalahan di Sumsel, tapi pihaknya menghimbau juga pasangan 02 legowo dan sadar kalau di tingkat nasional belum berhasil untuk jadi pemenang.

Relawan Kemanusiaan Yang Tak Kenal Waktu Memberikan Bantuan Sosial

Gelar Buka Bersama, Centrepark Palembang Beri Cashback 10 Persen di Bulan Ramadan

Demokrat-Gerindra Gusur PDIP dari Puncak, Ini Daftar 50 Anggota DPRD Kota Palembang Terpilih

"Saya ingin menyampaikan data bahwa rekapitulasi perolehan suara PDIP di Sumsel sebanyak 584.762 suara, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumatera Selatan bahwa PDIP masih mempunyai suara tertinggi di Sumsel untuk Partai Politik," ungkap Ketua DPD PDIP Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas SE MM didampingi Bendahara Ir H Yudha Rinaldi dan Wakabid Pemenangan Pemilu Riza Toni Siahaan di sela-sela Bukber di DPD PDIP Sumsel Jl Jenderal Basuki Rahmad, Sabtu (18/5/2019).

Menurut mantan Ketua DPRD Sumsel yang harus mundur lantaran maju sebagai Cawagub Sumsel, pada Pemilihan legislatif (pileg) 2019 ini mengharuskan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Persatuan Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumsel kehilangan dua kursi di Parlemen Sumsel.

Dari Pemilu 2014-2019 lalu 13 kursi, sekarang turun menjadi 11 kursi.

Giri mengatakan, perolehan suara PDIP di Sumsel dengan yang diraih partai Golkar itu berbeda.

Walaupun PDIP memperoleh suara terbanyak yakni 594.762 suara dan Partai Golkar yang berada di bawah mereka meraih 573.750 suara, namun raihan jumlah kursi PDIP yang duduk DPRD Sumsel berkurang.

“Karena ada perubahan pola perhitungan suara (metode sainte lague), jadi kita kehilangan dua kursi, suara partai kita memang lebih banyak dari Golkar, tapi dari pola perhitungan ini mereka mendapat kursi lebih banyak, yakni 13 kursi,” kata keponakan mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri.

Giri menerangkan, PDIP kehilangan dua kursi di DPRD Sumsel terjadi di daerah pemilihan (dapil) Palembang B dan Muaraenim-Pali-Prabumulih. Penurunan jumlah kursi juga terhadi di parlemen tingkat kabupaten/kota.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved