SFC Update

Tiga Skema Sriwijaya FC Jika Hilton Moreira dan Mahdi Fahri Albaar masuk skuat Sriwijaya FC

Tiga Skema Sriwijaya FC Jika Hilton Moreira dan Mahdi Fahri Albaar masuk skuat Sriwijaya FC

Tiga Skema Sriwijaya FC Jika Hilton Moreira dan Mahdi Fahri Albaar masuk skuat Sriwijaya FC
SRIPOKU.COM/RESHA
Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi dan Pelatih Kiper Sriwijaya FC, Fery Rotinsulu. 

Tiga Skema Sriwijaya FC Jika Hilton Moreira dan Mahdi Fahri Albaar masuk skuat Sriwijaya FC

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Tiga skema kerap digunakan Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi selama ujicoba dan latihan. Namun dia menegaskan bahwa skuat berjuluk Laskar Wong Kito ini, tidak ada skema tetap yang digunakannya dalam setiap pertandingan. Sebab, seiring bergabungnya Hilton Moreira dan Mahdi Fahri Albbar formasi dan taktik yang diterapkan akan tergantung kepada lawan.

Kas Hartadi, Pelatih yang sukses membawa Kalteng Putra Promosi ke Liga 1 Indonesia 2019 ini, memang tengah menunggu Mahdi Fahri Albaar, pemain pinjaman dari PS Tira dan kepastian naturalisasi Hilton Moreira untuk menjadi WNI.

Diakui Kas Hartadi, dia memang gemar kerap menggunakan formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3 Jarang dia menggunakan skema 4-4-2 atau 4-1-4-1 apalagi skema bertahan 5-3-2. Namun jika ada Hilton Moreira dan Mahdi Fahri Albaar, semua formasi bisa digunakan termasuk 4-4-2.

Dijelaskan Pelatih Kas Hartadi bahwa tim asuhannya lebih enjoy menggunakan, pola menyerang dan pressing defense football, di mana tim bermain cepat dan terus melakukan tekanan di areal pertahanan lawan. Namun Sriwijaya FC tetap menggunakan 3 skema yakni 4-2-3-1, 4-3-3 dan 4-4-2, sesuai kebutuhan tim dan lawan yang dihadapi.

"Ya kita menggunakan semua pola dan formasi dalam setiap latihan, karena dalam setiap pertandingan lawan yang akan kita hadapi berbeda-beda dan juga dalam hal skema permainan," ujar Kas Hartadi Jumat.

Dia mengatakan, ketika melatih Kalteng Putra, skema permainan dan pola serangan dapat berubah setiap saat, bahkan tiga kali ganti formasi sepanjang pertandingan.

"Hal itu tidak masalah, yang penting tim tetap seimbang dan tidak terlau banyak melakukan pergantian pemain," ujar Kas Hartadi.

Selain itu, menurut pelatih asal Solo ini, perubahan skema dalam satu pertandingan merupakan hal biasa, jika lawan pun melakukan perubahan taktik.

"Perubahan memang tergantung taktik lawan, kita harus jeli melihat itu dan memilih pemain," ujarnya.

Namun Kas Hartadi menilai, masuknya Hilton Moreira dan Mahdi Fahri Albaar akan membuat dia lebih leluasa melakukan pergantian pemain dan taktik.

Apalagi dia memiliki 23 pemain yang bisa diandalkan.

"Maka antara pemain starter dan pengganti harus seimbang dan kita memiliki hal itu," ujarnya.

"Mahdi masih kita tunggu, tetapi dia sudah mendapatkan izin untuk bergabung bersama Sriwijaya FC, sementara Hilton Moreira sudah gabung tetapi masih proses naturalisasinya dan kami serahkan kepada manajemen," jelas Kas Hartadi.

Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved