Berita Palembang

Tingkatkan Layanan ke Penumpang, Bea Cukai Palembang Luncurkan Aplikasi e-CD. Ini Kemudahannya

Bea Cukai Palembang meluncurkan aplikasi E-CD (Electronic Customs Declaration) di Bandara Internasional SMB II Palembang, Rabu (15/5/2019).

Tingkatkan Layanan ke Penumpang, Bea Cukai Palembang Luncurkan Aplikasi e-CD. Ini Kemudahannya
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
M Agus Rofiudin selaku Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumbagtim, Meidy Kassim selaku Kepala Kantor Bea Cukai Palembang beserta jajaran dan Fahroji, Executive General Manager PT.Angkasa Pura II Bandara Internasional SMB II Palembang, perwakilan dari Maskapai, Tour and Travel melaunching aplikasi e-CD. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Guna meningkatkan layanan kepada penumpang, Bea Cukai Palembang meluncurkan aplikasi E-CD (Electronic Customs Declaration) di Bandara Internasional SMB II Palembang, Rabu (15/5/2019).

Aplikasi E-CD menggantikan Customs Declaration manual konvensional yang telah berjalan selama ini, kini menjadi database.

Seperti yang perlu diketahui, Customs Declaration merupakan dokumen pabean berbentuk formulir yang wajib di isi penumpang yang tiba melalui penerbangan internasional yang fungsinya memberitahukan barang bawaan yang dibawa dari luar negeri kepada petugas.

Keseringan Nonton Film Porno di Ponsel, Siswa SMP di Musirawas Ini Berulang Kali Setubuhi Bocah SD

Kadispora Sumsel-Sekda Palembang Support Liga Berjenjang U-17 Putri dan U-14 Seri Sumsel

Kini Berhijab, Artis yang Lama Tak Muncul Ini Ternyata jadi Istri Bupati, Begini Kehidupannya

Hadir dalam acara tersebut M Agus Rofiudin selaku Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumbagtim, Meidy Kassim selaku Kepala Kantor Bea Cukai Palembang beserta jajaran dan Fahroji, Executive General Manager PT.Angkasa Pura II Bandara Internasional SMB II Palembang dengan turut dihadiri perwakilan dari Maskapai, Tour and Travel, awak Media serta komunitas travelling yang ada di Kota Palembang.

M Agus Rofiudin dalam acara tersebut menyampaikan bahwa aplikasi ini merupakan inovasi baru dari Bea Cukai, dan sebuah terobosan dalam mengikuti perkembangan dunia IT.

Cukup dengan Smart phone penumpang dapat mengisi _Customs Declaration_. Tidak perlu repot antre dan mudah.

"Hari ini kita memulai budaya baru. Gak ada yang gak punya handphone. Pariwisata sektor ekonomi yang paling cepat menghasilkan devisa besar dan tidak butuh waktu lama. Yang penting kita buka sarana yang baik mendukung, pelayanan bagus, orang datang, menginap, bayar. Tugas pelayanan penerbangan dikedepankan," kata Agus.

Pasca Wajib Militer, Lee Min Ho Pamer Foto Rangkul Wanita, Pacar Baru? Netizen Jadi Heboh

Deretan Artis Meninggal di Lokasi Syuting, Ada yang Saat Live, Bahkan Dikira Tidur!

Demi Sriwijaya FC Mauricio Mau Jadi Pemain Naturalisasi, Jika Sudah Memenuhi Syarat Menjadi WNI

Agus mengatakan, Aplikasi e-CD merupakan inovasi baru selain di Bandara Internasional Kualanamu dan 4 pelabuhan lainnya. Sekarang diterapkan di Bandara Internasional SMB II.

"Patut bergembira. Ini bukan hanya untuk bea cukai. Ini bisa dimanfaatkan. Fiturnya sekilas cukup menarik. Selain versi android dan juga IOS. Bisa online dan bisa offline," kata Agus.

Fahroji, Executive General Manager PT.Angkasa Pura II Bandara Internasional SMB II Palembang menyambut baik dengan hadirnya aplikasi e-CD yang bisa membuat lebih efisien.

"Kalau masuk dari luar negeri ke Palembang akan lebih efisien. Selama ini menulis dengan tangan, kini bisa melalui elektronik," kata Fahroji.

Ternyata Ini Alasan Ajun Perwira Rela Lukis Wajah Sang Istri Jennifer Supit Jadi Tato, Bikin Iri?

Bukan Karena Kisah Cintanya, Elly Sugigi Kena Semprot Lantaran Bandingkan Foto Luna Maya & Syahrini!

Dimana Bisa Mendapat Daging Beku?

Kepala Kantor Bea Cukai Palembang, Meidy Kassim, Bandara Internasional SMB II melayani penerbangan regular dari Singapore dan Malaysia. Selain itu juga dari Jedah untuk penerbangan Haji umrah. Sebulan jumlah penerbangan sebanyak 60 flight dengan jumlah penumpang rata-rata 10.000 orang.

"E- CD hadir membawa kemudahan untuk penumpang maupun Maskapai karena waktu yang diperlukan menyampaikan pemberitahuan pabean lebih cepat dibanding Manual Formulir Customs Declaration ,sesuai tagline kita Cepat dan Ga Ribet, dan Aplikasi ini sudah bisa kita Install di ponsel Android dan Iphone," ungkap Banda Cahyono selaku Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dalam pemaparannya di hadapan para undangan yang hadir.

Diharapkan kedepan dengan penerapan Aplikasi E-CD dapat terus meningkatkan Pelayanan beacukai di bandara internasional khususnya Terminal Kedatangan Internasional lebih baik dan mengurangi waktu antrean.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved