BPS Sumsel Klaim Tiongkok Masih Jadi Tujuan Ekspor Sumsel, Disusul Malaysia dan Amerika Serikat

ekspor Tiongkok masih menjadi negara tujuan utama ekspor Nonmigas menurut komoditas andalan, disusul dengan Malaysia dan Amerika Serikat

BPS Sumsel Klaim Tiongkok Masih Jadi Tujuan Ekspor Sumsel, Disusul Malaysia dan Amerika Serikat
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Kabid Statistik Produksi BPS Sumsel, Ir Djoni saat memaparkan hasil ekspor Sumsel. BPS Sumsel Klaim Tiongkok Masih Jadi Tujuan Ekspor Sumsel, Disusul Malaysia dan Amerika Serikat 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Perdagangan luar negeri memiliki peranan yang penting dalam perekonomian dan pembangunan. Kegiatan perdagangan luar negeri, terutama ekspor merupakan salah satu sumber terbesar bagi penerimaan devisa.

Dengan devisa tersebut negara/daerah dapat membeli barang-barang impor yang dibutuhkan untuk konsumsi dan menunjang sektor industri.

Kabid Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Ir Djoni mengatakan, ekspor Tiongkok masih menjadi negara tujuan utama ekspor Nonmigas menurut komoditas andalan, disusul dengan Malaysia dan Amerika Serikat selama periode Januari-April 2019.

6 Tanda Amalan Puasa Ramadhan Anda Diterima Allah atau Tidak? Bisa jadi Puasamu Akan Sia-sia

Alfin Tuasalamony: Meski Puasa Kami Tetap Fight Hadapi PSS Sleman Ini Demi Fans Arema FC

KPK Ungkap Para Koruptor Justru dari Lulusan Pendidikan Tinggi, Ini Dia Urutannya

Dengan masing-masing mencapai US$419,84 juta, US$125,48 juta dan IS$114,96 juta dengan pernanan ketiganya mencapai 50,28 persen selama periode tersebut.

"Neraca perdagangan Sumsel belum pernah defisit, selalu surplus. Terlebih dengan nilai ekspor yang mengalami peningkatan dibandingkan Maret 2019 kemarin. Ini dikarenakan adanya peningkatan nilai ekspor komoditi utama ke sejumlah negara tujuan ekspor kita," ujarnya, Rabu (15/5/2019).

Korban Kebakaran di Lorong Hijriah 1 Ulu Palembang Ini Sedih, Ternyata Ada Aksi Penjarahan di Lokasi

Jubir BPN Bilang Prabowo Tolak Pilpres Bukan Pileg, TKN: Pesan Itu Membingungkan

Dosen Ditemukan Meninggal Dunia di Rumahnya di Kalidoni Palembang, Ini Penjelasan Ketua RT Setempat

Djoni menyebutkan, komoditas utama ekspor yang mengalami peningkatan terdiri dari bubur kayu/Pulo, karet, batubara, pupuk urea, dan ampas/sisa industri makanan. Sedangkan komoditi utama lainnya amonia anhidrat, minyak kelapa sawit, kertas tisu, kayu/produk kayu mengalami penurunan nilai ekspor.

"Untuk kegiatan ekspor Sumsel dilakukan melalui beberapa pelabuhan baik dalam dan di luar Sumsel. Diantaranya Pelabuhan Boom Baru,Dermaga Plaju, Kertapati, Sultan Mahmud Badaruddin," ungkapnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved