Berita Palembang

Ini Besaran Zakat Fitrah di Sumsel, Segini Ketentuan Beras dan Juga Uang yang Harus Dibayar

"Untuk besaran zakat fitrah Ramadan 1440 H tahun ini minimal 2,5 kg beras atau kalau diganti dengan uang minimal Rp 25 ribu,"

Ini Besaran Zakat Fitrah di Sumsel, Segini Ketentuan Beras dan Juga Uang yang Harus Dibayar
Zakat Fitrah 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Selatan bersama Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah Provinsi Sumsel telah menetapakan besaran zakat fitrah tahun 2019.

"Untuk besaran zakat fitrah Ramadan 1440 H tahun ini minimal 2,5 kg beras atau kalau diganti dengan uang minimal Rp 25 ribu," ujar Ketua Baznas Provinsi Sumsel Najib Haitami usai Rapat Merumuskan Besaran Zakat Fitrah di Kantor Baznas Provinsi Sumsel, Selasa (14/5/2019).

Foto bersama, dari kiri nomor lima Ketua Baznas Provinsi Sumsel Najib Haitami setelah Rapat Merumuskan Besaran Zakat Fitrah di Kantor Baznas Provinsi Sumsel, Selasa (14/5/2019).
Foto bersama, dari kiri nomor lima Ketua Baznas Provinsi Sumsel Najib Haitami setelah Rapat Merumuskan Besaran Zakat Fitrah di Kantor Baznas Provinsi Sumsel, Selasa (14/5/2019). (TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI)

Aiptu Yashudi Ditembak saat Gagalkan Aksi Pencurian, Pelaku Sudah 3 Kali Datang Intai Kosan Acoy

Dua Bulan Berlalu, Terungkap Sosok Pembimbing Adik Ayana Moon Ucapkan 2 Kalimat Syahadat di Korea

BREAKING NEWS : 29 Incumbent Kembali Dapat Kursi, Berikut Daftar 75 Nama Caleg Terpilih DPRD Sumsel

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa ketentuan zakat fitrah tersebut berdasarkan kesepakatan bersama antara Baznas, Kemenag, MUI, NU dan Muhammadiyah Provinisi Sumsel.

"Kami menentukan besaran zakat fitrah ini karena sudah banyak masyarakat yang bertanya tentang standar besaran zakat fitrah. Jadi kami merasa bertangung jawab juga," katanya.

Menurut Najib, zakat fitrah wajib dibayarkan oleh setiap muslim saat di bulan Ramadan sampai sebelum salat Idul Fitri.

Untuk besaran yang ditentukan tersebut merupakan besaran minimal zakat atau bisa juga seharga dengan kualitas beras yang dikonsumsi masing-masing.

"Jadi kalau mau lebih dari angka yang telah ditentukan silakan saja. Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk menyalurkan zakat fitrah dan zakat mal melalui lembaga resmi seperti Baznas dan Laz atau melalui unit pengumpulan zakat masjid," ungkapnya.

Untuk zakat fitrah disalurkan kepada delapan ashnaf yaitu fakir, miskin, amil zakat (pengurus zakat), muallaf, riqab (hambah sahaya), ghrimin (orang-orang yang memiliki hutang), fisabilillah dan ibnu sabil. Namun diutamakan kepada fakir dan miskin.

Selain zakat fitrah juga dijelas soal fidyah, orang yang diharuskan membayar fidyah adalah orang sakit tak ada harapan sembuh, orang tua atau uzur. Sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui wajib membayar fidyah dan qodlo (menganti puasanya di hari lain).

"Standar fidyah minimal memberi makan fakir misikin sebanyak tiga kali sehari, sebanyak hari yang ditinggalkan dengan harga sesuai yang dikonsumsi sehari-hari yang bersangkutan," jelasnya. (TRIBUN SUMSEL.COM/LINDA TRISNAWATI)

Tingkatkan Percaya Diri, Inilah 6 Cara Mudah Tampil Ganteng untuk Pria Gemuk

Masuk Usia Kandungan 4 Bulan, Begini Curahan Hati Kartika Putri Sampai Ngaku Patah Hati

Seorang Wanita Ditemukan Tewas di Atas Ranjang Apartemen dalam Kondisi Leher, Tangan & Kaki Terikat

Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved