Gabriela dan Demetrio Wakili Sumsel Diajang OSN Tingkat Nasional Di Yogyakarta

Setelah berhasil melewati OSN di tingkat kota Palembang dan provinsi Palembang, mereka berdua berhasil lolos ke tingkat nasional bersama empat anak l

Gabriela dan Demetrio Wakili Sumsel Diajang OSN Tingkat Nasional Di Yogyakarta
TRIBUN SUMSEL/ Melisa Wulandari
Gabriela Marseinar Girsang dan Demetrio Franklyn Edryan akan mewakili provinsi Sumatera Selatan ke ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP di Yogyakarta pada 30 Juni mendatang. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Setelah berhasil melewati OSN di tingkat kota Palembang dan provinsi Palembang, mereka berdua yang juga alumni SDK Frater Xaverius 2 Palembang ini berhasil lolos ke tingkat nasional bersama empat anak lainnya dari provinsi Sumsel.

"Yang berhasil lolos ke tingkat nasional itu ada 408 orang seluruh Indonesia, dan kami berdua ini mewakili Sumsel untuk mata pelajaran IPA dan Matematika. Kalau saya mewakili Sumsel untuk mapel IPA," ujar Gabriela saat dibincangi di kantor kepala SDK Frater Xaverius 2 Palembang, Senin (13/5/2019).

Gabriela bersama Demetrio bercerita banyak hal sebelum akhirnya mereka bisa lolos ke tingkat nasional. "Waktu ikut OSN tingkat Kota Palembang itu saya dan peserta lomba yang lain ngerjain soal sebanyak 40 butir soal pilihan ganda," jelasnya.

"Dan saat di tingkat provinsi Sumsel, ada 30 butir soal pilihan ganda dan 10 butir soal essai yang harus diselesaikan peserta lomba. Jenis soalnya pun setara dengan soal-soal yabg diajarkan di SMA," ujar anak pertama dari dua bersaudara ini.

Dia juga mengatakan sebelum bertanding di Yogyakarta, banyak persiapan yang dilakukan. "Pembina OSN saya juga melatih saya untuk persiapan praktikum karena kalau OSN tingkat nasional itu gak hanya tertulis tetapi praktek juga, jadi sudah 4 kali latihan praktikum," kata anak dari pasangan Fatimah Bustam dan Herman Juniden Girsang ini

Herman Deru Harapkan Kader HMI Up To Date, Sampaikan Aspirasi Via Media Online

Berdasarkan DC1 Pleno KPU Sumsel, 17 Orang Wong Sumsel Ini Berpeluang Duduk Di DPR RI Senayan

Sementara itu, Demetrio yang mewakili Sumsel untuk mata pelajaran Matematika yang juga alumni SDK Frater Xaverius 2 Palembang ini mengatakan juga banyak persiapan yang dilakukan sama seperti Gabriela.

"Belajar sama pembina itu seminggu tiga kali, Senin, Rabu dan Kamis. Saat ini belajarnya dihentikan dulu karena mau fokus ke ujian semester nanti dilanjut lagi, untuk trik belajar sendiri saya tidak mau memporsir kalau sudah belajar dengan pembina OSN di sekolah, di rumah saya istirahat tetapi kalau libur sekolah, saya belajar selama 3 jam saat sore hari," jelasnya.

Dia juga menargetkan untuk OSN ini minimal harus mendapatkan Perunggu. "Minimal harus juara dan mendapatkan perunggu, saya juga percaya diri pasti bisa," kata siswa SMPK Frater Xaverius 1 Palembang ini (elm)

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved