Berita Palembang

Bawang Putih Impor Asal Cina Masuk ke Pasaran di Sumsel, Dijual Hanya Rp 35 Ribu per Kilo

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan pun telah menggelontorkan bawang putih impor asal China ke berbagai daerah, termasuk di Sumsel

Bawang Putih Impor Asal Cina Masuk ke Pasaran di Sumsel, Dijual Hanya Rp 35 Ribu per Kilo
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Salah seorang pedagang di PTM Square Lahat, yang turut mengeluhkan sepinya pembeli akibat melonjaknya harga bawang. Foto diambil beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Lonjakan harga bawang putih mencapai Rp 90 ribu di pasaran sejak beberapa waktu lalu, menjadi pusat perhatian pemerintah.

Hal ini tak terlepas dari banyaknya keluhan masyarakat terhadap harga jual komoditi tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan pun telah menggelontorkan bawang putih impor asal China ke berbagai daerah, termasuk di Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan, Yustianus membenarkan jika pasokan bawang putih impor asal China tersebut sudah mulai masuk ke pasaran saat ini.

"Dengan adanya pasokan bawang putih tersebut, diharapkan bisa menekan atau menstabilkan harga bawang putih di pasaran. Karena selama ini masyarakat mengeluh dengan harga jual yang tinggi," ujarnya, Jumat (10/5/2019).

Meski tak menyebutkan berapa banyak pasokan bawang putih impor yang masuk ke Sumsel, namun kata Yustianus bawang impor akan dijual dengan harga jauh lebih murah yakni Rp 35 ribu per kilo. Penetapan harga ini telah menjadi kesepakatan dan kebijakan pemerintah pusat.

"Untuk itu kami akan lakukan pengecekan harga dipasaran, apakah sudah sesuai ketentuan atau belum terutama di tingkat ritel modern. Jika tak sesuai harga yang ditetapkan kami tak segan untuk berikan surat teguran ke ritel bersangkutan. Disperindag akan awasi," ungkapnya.

Masuknya pasokan bawang putih impor dengan harga jual bawang putih Rp 35 ribu itu, juga diharapkan akan turut mempengaruhi harga jual saat ini di pasar-pasar tradisional.

"Semoga dalam waktu dekat harga jual segera turun," tutupnya.

Ajang Bergengsi Pemilihan Bujang Gadis PALI 2019 Segera Digelar, Cek Syarat dan Waktu Pendaftarannya

Listrik di Kabupaten PALI Kerap Padam Disusul Sinyal HP Hilang, Ini Komentar Manager PLN ULP Pendopo

Jadwal Siaran Langsung Pekan Terakhir Liga Inggris Antara Liverpool & Manchester City

Penulis: Rahmaliyah
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved