Pemilu 2019

Penyelenggara Pemilu di OKU Bersuka Cita, Pemilu Aman Partisipasi Tinggi

Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Ogan Komering Ulu khusunya KPU dan Bawaslu bercuka cita karena proses pemilu di OKU berjalan aman dan partisipasi p

Penyelenggara Pemilu di OKU Bersuka Cita, Pemilu Aman Partisipasi Tinggi
SRIPOKU.COM/IST
Ketua KPU OKU Naning Wijaya ST dan Bawaslu OKU Dewantara Jaya SP 

Laporan wartawan Sripoku.com, Leni Juwita 

SRIPOKU.COM.BATURAJA --- Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Ogan Komering Ulu khusunya KPU dan Bawaslu bercuka cita karena proses pemilu di OKU berjalan aman dan partisipasi pemilih diatas 80 persen.

Hal itu dikatakan  Ketua KPU OKU Naning Wiajaya ST yang dikonfirmasi Rabu (8/5/201). Naning yang juga didampingi anggota KPU Yudi Trisandi SSos MSi menjelaskan berita acara hasil rekap DB1 sudah di kirim ke KPU Propinsi.

“Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan rekapitulasi dengan lancar tanpa kendala dan tidak perlu masanag kawat berduri,”  terang ketua KPUD OKU  dengan nada senang. 

Indikasi kesuksesan  penyelenggaraan pemilu di Kabupaten OKU lanjut Naning, diwilayah  Kabupaten OKU  tidak ada TPS yang melakukan Pemilihan Ulang, tidak ada sanggahan selama pleno dan hampir ketemu dititik sepakat. Penyelenggara pemilu di Kabupaten OKU tinggal menunggu jadual rapat pleno di tingkat Propinsi.

Pendapat senada juga disampaikan Ketua  Bawaslu OKU Dewantara Jaya SP, menurut Ketua Bawaslu, semua proses penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten OKU sudah   berjalan sesuai dengan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU No 4 Tahun 2019 Tentang Rekapitulasi  Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum.

“Keberatan yang diajukan tidak ada pengaruhnya dengan perolehan suara “  tegas Ketua Bawaslu OKU seraya menambahkan  beberapa parpol hanya mengajukan keberatan yang termasuk pelanggaran etik dan administrasi saja.

Namun pihaknya berjanji akan meneruskan keberatan parpol ini sampai ke Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu dan akan akan tetap kawal sampai pada penetapan hasil pemilu oleh KPU.

Lebih jauh Ketua Bawaslu mencontohkan pelanggaran yang terjadi seperti pemilih mencoblos padahal dia bukan berdomisili di wilayah TPS bersangkutan, maslaah ini sudah dislelesaikan oelh Bawaslu  tingkat kecamatan.  

Sementara itu untuk pemilih presiden dna wakil presiden di Kabupaten OKU

pasangan capres dan cawapres nomor 02 Prabowo-Sandi menang banyak di Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan meraup 162.594 suara (75,73 persen ).

Sedangkan capres - cawapres nomor  urut  01 Jokowi-Ma’rup Amin memperoleh 52.098  suara  ( 24,27 persen) . Data ini diperoleh  pada Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan  Suara Pemilu Tahun 2019 ditingkat Kabupaten OKU dan penetapan Hasil Pemilu anggota DPRD Kabupaten OKU Tahun 2019.  Kegiatan dipusatkan di Gedung SKB Baturaja, dibawah pengawalan ketat aparat keamanan TNI-POLRI.

Rapat pleno dipimpin oleh Ketua KPUD OKU Naning Wijaya ST didampingi  anggota KPU OKU lengkap dan Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya SP dan anggota.  Tampak juga Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari dan Dandim 0403/ OKU Latkol  Arm Agung Widodo, Danramil 403-12 Kota Baturaja Kapten CZI Handayani Watulaga, Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM.

Berdasarkan hasil rekapitulasi  Paslon 02 unggul di seluruh Kecamatan (13 Kecamatan) di wilayah OKU. Paling banyak didapat dari Kecamatan Baturaja Timur. Dimana Paslon 02 mendapat 44.558 suara. Sedangkan Paslon 01, memperoleh 13.781 suara.

Kemudian di Kecmatan Muarajaya Paslon Nomor urut 2 menang telak dengan meraup 3.727 suara (88,70 persen) sedangkan palon nomor 01 Jokowi –Ma’rup hanya mendapat 475 suara  (11.3 persen). Kemudian di Kecamatan Ulu Ogan Prabowo-Sandi mengantongi 4.214 suara (83,5 persen) dan Jokowi-Makrup hanya mendapat 834 suara (16,5 persen).  Presentase perolehan hampir merata di 13 kecamatan dalam wilayah Kabupaten OKU.   (eni)

Penulis: Leni Juwita
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved