Ramadan 2019

Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan 1440 H akan Digelar Pemerintah Digelar 5 Mei 2019

Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan 1440 H akan Digelar Pemerintah Digelar 5 Mei 2019

Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan 1440 H akan Digelar Pemerintah Digelar 5 Mei 2019
SRIPOKU.COM/ Rahmad Zilhakim
Rukyatul Hilal/ Sidang Isbat Pemerintah Digelar 5 Mei 2019, Muhammadiyah Sudah Lebih Awal Tentukan Puasa Tanggal Ini 

Sidang Isbat Pemerintah Digelar 5 Mei 2019, Muhammadiyah Sudah Lebih Awal Tentukan Puasa Tanggal Ini

SRIPOKU.COM - Menjelang bulan Ramadhan, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk mementukan awal puasa Ramadhan 1440 H.

Sidang isbat merupakan penetapan atau penentuan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

Sidang yang akan dilaksanakan pada 5 Mei 2019 pekan depan ini akan digelar di Auditorium H.M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

“Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Sya’ban 1440 H,” terang Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, di Jakarta dilansir Sripoku.com dari laman resmi Kementerian Agama, kemenag.go.id, Jumat (26/04/2019).

Sidang penentuan awal Ramadhan ini akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Tak hanya itu, ada juga Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Kerap tak Terekspos, Ternyata Ini Profesi Suami Nindy Ayunda, Pantes Hidup Bergelimang Harta

Awas Salah Masuk, Ini 4 Hotel Paling Mahal di Jakarta, Ada yang Bisa Sampai 200 Juta Semalam!

Khusus di Hotel Selama Puasa, Hiburan Malam Boleh Buka

"Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," ujarnya.

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Falakiyah Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440H.

Adapun proses sidang isbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Halaman
1234
Penulis: Nadia Elrani
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved