Buya Menjawab

Sholat Dzuhur Pengganti Sholat Jum'at

apa benar kita yang tidak sholat Jum'at, apabila mau melaksanakan sholat zuhur menunggu orang pulang dari sholat Jum'at. Mohon penjelasan, terimakasih

Sholat Dzuhur Pengganti Sholat Jum'at
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
PAK Kiyai mohon maaf mau bertanya sedikit, apa benar kita yang tidak sholat Jum'at, apabila mau melaksanakan sholat zuhur menunggu orang pulang dari sholat Jum'at. Mohon penjelasan, terimakasih.
08218183xxxx

Niat dan Bacaan Sholat Jumat Serta Kerugian Bagi yang Datang Sholat Jumat Sesudah Khutbah Dimulai

Keutamaan Sholat Jumat dan Niat Bacaan Sholat Jumat Lengkap Bahasa Arab Latin Serta Doa Setelahnya

Jawab:
Wa'alaikumussalam.Wr.Wb.
BAGI mereka yang tidak ada udzur syar'i dan tidak melaksanakan sholat Jum'at, ketika akan melaksanakan sholat Dzuhur, tidak sah Sholat Dzuhurnya apabila dilakukan sebelum imam selesai melaksanakan sholat Jum'at menurut mayoritas ulama (Mazhab Maliki, Syafi'i dalam Qaul Jadid, dan Hambali (Al-Mughniy, Vo.2.,hlm.342). Bahkan di upayakan terlebih dahulu mengejar sholat berjama'ah Jum'at, jika dikira masih dapat menjumpai jama'ah Jum'at. Apabila dapat ikut raka'at kedua sempat ikut membaca surah Al-Faatihah dan ruku', maka sah sholat Jum'atnya dengan menambah kekurangan satu rakaat lagi. Apabila makmum masbuq tidak dapat menyusul satu raka'at bersama imam, maka menurut mayoritas ulama, maka diteruskan dengan mengganti sholat Jum'at tersebut dengan sholat Dzuhur empat rakaat.

Bagi orang yang ada udzur syar'i seperti musafir, orang-orang yang dipenjara, orang sakit, dan selain dari mereka yang tidak diwajibkan sholat Jum'at makruh tahrimi melakukan sholat Dzuhur berjama'ah menurut mazhab Hanafi. Sedangkan mayoritas ulama selain mazhab Hanafi berpendapat dibolehkan bagi mereka yang terlewat sholat Jum'atnya karena ada halangan ataupun mereka yang tidak diwajibkan sholat Jum'at untuk mendirikan sholat Dzuhur berjama'ah untuk memperoleh pahala sholat berjama'ah.

Bagi mereka yang tidak diwajibkan sholat Jum'at, seperti musafir, hamba sahaya, perempuan, sakit kronis dan semua orang yang berhalangan, maka mereka dibolehkan melaksanakan sholat Dzuhur sebelum imam melaksanakan sholat Jum'at menurut mayoritas ahli Fiqih. (Al-Qawaaniin al-Fiqhiyah, hlm.80).

Demikian jawaban pertanyaan Bapak.

Keterangan:
Konsultasi agama ini diasuh oleh Buya Drs H Syarifuddin Yakub MHI.
Jika Anda punya pertanyaan silahakan kirim ke Sriwijaya Post, dengan alamat Graha Tribun, jalan Alamasyah Ratu Prawira Negara No 120 Palembang. Faks: 447071, SMS ke 0811710188, email: sriwijayapost@yahoo.com atau facebook: sriwijayapost

===

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved