Breaking News:

Berita Palembang

Rangkaian Ziarah Kubro di Palembang, Ribuan Umat Ziarah di Makam Al Habib Ahmad Syech Shahab

Ribuan warga Palembang geruduki pemakaman al-habib aqil bin Muhammad bin Yahya (Datuk Aqil) guna berziarah ke makam ulama tersebut.

Penulis: Haris Widodo | Editor: pairat
SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO
Ribuan masyarakat ikuti Haul dan Ziarah Kubro di makam Al habib Ahmad bin Syech, Jum'at (26/42019) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Haris Widodo

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Ribuan warga Palembang geruduki pemakaman Al-habib Aqil bin Muhammad bin Yahya (Datuk Aqil) guna berziarah ke makam ulama tersebut.

Panitia acara Haul dan Ziarah Kubra, Sukri mengatakan Tiap tahun menjelang bulan Suci Ramadhan, Kota Palembang dibanjiri ulama, habaib dan kyai dari penjuru tanah air dan luar negeri yang menyempatkan diri menghadiri Haul dan Zairah Kubro ulama dan Auliyah Palembang Darussalam.

"Ya kegiatan tahunan ini banyak di ikuti warga lokal Palembang, seluruh masyarakat Indonesia lainnya, bahkan ada juga yang dari Yaman dengan tujuan berziarah ke makam-makam ulama yang biasa dilakukan sebelum puasa,"ujarnya kepada Sripoku.com, Jumat (26/4/2019)

Suasana berbeda seringkali terjadi pada hari-hari terakhir Bulan Syaban. Hari-hari tersebut dimanfaatkan oleh kaum muslimin untuk berziarah, baik menziarahi makam anggota keluarga, maupun makam ulama dan para wali Allah.

Ribuan masyarakat ikuti Haul dan Ziarah Kubro di makam Al Habib Ahmad bin Syech, Jum'at (26/42019).
Ribuan masyarakat ikuti Haul dan Ziarah Kubro di makam Al Habib Ahmad bin Syech, Jum'at (26/42019). (SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO)

Suasana tersebut juga dirasakan di Kota Palembang, terlebih dengan digelarnya rangkaian Haul dan Ziarah Kubra Ulama dan Auliya Palembang Darussalam yang biasanya diadakan hari Jumat, Sabtu dan Minggu awal di 10 hari terakhir Bulan Syaban.

Haul dan ziarah kubro ini menjadi tradisi turun-temurun, terutama bagi kaum alawiyyin yang bermukim di Kota Palembang maupun masyarakat pencinta ulama dan wali-wali Allah.

Acara ini juga melibatkan keluarga Kesultanan Palembang Darussal mengingat eratnya hubungan kekeluargaan kaum alawiyyin dengan para sultan di Kesultanan Palembang Darussalam.

Sukri menambahkan rangkaian acara ini Haul dan Ziarah Kubro 'Ulama dan Auliya' Palembang Darussalam terdiri dari:

1. Ziarah Pemakaman Auliaya' dan Al habalib Ahmad bin Syeikh Shabab (Gubah Duku) dan makam Al- Habib Aqil Muhammad bin Yahya (Datuk Aqil).

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved