Bertahan 3 Hari, Bayi Petugas KPPS Lahat Inipun Meninggal. Diduga Sang Ibu Kelelahan

Disinggung apakah ada hubungan dengan kelelahan dan stres. Menurutnya memang bisa menjadi faktor pemicu.

Bertahan 3 Hari, Bayi Petugas KPPS Lahat Inipun Meninggal. Diduga Sang Ibu Kelelahan
SRIPOKU.COM/CR22
Sugian Anshori (38) dan Direktur RSUD Lahat dr Hj Laela Cholik M.Kes saat menenangkan Sulyani di RSUD Lahat. 

Laporan wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Kasihan apa yang dialami Suliyani, petugas KPPS TPS 1 Desa Lubuk Atung, Kecamatan Pseksu Lahat. Betapa tidak, bayi perempuan yang baru saja ia lahirkan secara prematur sekitar 31 minggu meninggal, Jumat (26/4) sekitar pukul 10.00 WIB. Bayi perempuan yang belum diberikan nama itu, hanya bertahan 3 hari.

Saat disambangi di RSUD Lahat, tampak Suliyani (40) terlihat sedih dan tak mampu berkata- kata. Suaminya Sugian Anshori (38) dan Direktur RSUD Lahat dr Hj Laela Cholik M.Kes hanya bisa menenangkan Suliyani. Air mata Suliyani mengalir dan sesekali diusap dengan kain yang dikenakannya.

Sementara di ruang sebelah masih di ruang neonatus, bayi perempuan mungil dengan berat 1,4 kg itu sedang dicek petugas medis.

"Bayinya sudah meninggal barusan saja. Memang kondisinya kritis," terang dr Laela Cholik.

Dijelaskannya bahwa Suliyani memang memiliki riwayat hipertensi sebelumnya. Ketika masuk pertama kali ke rumah sakit usai dirujuk bidan desa, tensi darahnya 220.

"Sangat berisiko bagi ibu dan bayi," ujar dr Laela.

Sempat minta pulang ke rumah. Namun Rabu (24/4) masuk rumah sakit lagi dan melahirkan secara normal. Usai melahirkan Suliyani sehat, namun bayinya kurang sehat. Lahir dengan panjang 45 cm, dan berat 1400 gram, kondinya juga kritis. "Kita sudah berupaya tapi memamg kondisinya kritis," ucap dr Laela.

Disinggung apakah ada hubungan dengan kelelahan dan stres. Menurutnya memang bisa menjadi faktor pemicu.

"Bahan evaluasi kedepan. Memang petugas kalau bisa harus dicek kondisi kesehatan dan bila hamil lebih baik jangan. Apalagi porsi pekerjaannya juga bisa dari pagi sampai malam," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Ehdi Amin
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved