Dua Penghargaan Diraih Muaraenim Dalam Musrenbang RKPD Tingkat Provinsi Sumatera Selatan

Kabupaten Muaraenim berhasil meraih dua penghargaan yakni Juara 1 kategori Dokumen Perencanaan Terbaik dan Juara 2 kategori Air Minum dan Penyehatan L

Dua Penghargaan Diraih Muaraenim Dalam Musrenbang RKPD  Tingkat Provinsi Sumatera Selatan
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Muaraenim Raih Dua Penghargaan Juara 1 Dokumen Perencanaan Terbaik dan Juara 2 Kategori AMPL 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Muaraenim berhasil meraih dua penghargaan yakni Juara 1 kategori Dokumen Perencanaan Terbaik dan Juara 2 kategori Air Minum dan Penyehatan Lingkungan.

Penghargaan langsung diterima Bupati Muaraenim Ir. H. Ahmad Yani, MM yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, di Hotel Santika Premiere Bandara, Palembang, Rabu (24/4/2019).

Bupati Muaraenim, Ir. H. Ahmad Yani, MM, menyambut baik dan senang atas prestasi yang diukir Kabupaten Muaraenim, dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajarannya yang sudah bekerja keras dengan ikhlas sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan dengan meraih dua prestasi ini.

Dan keberhasilan ini hendaknya menjadi motivasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus memacu peningkatan rencana pembangunan di masa mendatang.

Dikatakan Yani, perencanaan pembangunan di Kabupaten Muaraenim sudah disusun berdasarkan realita kebutuhan pembangunan dengan menyerap aspirasi masyarakat melalui musyawarah rencana tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Kemudian, pembangunan di Kabupaten Muaraenim tidak lepas dari peran aktif pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, dengan tidak lupa mengedepankan fungsi pengawasan, sehingga terselenggara berkelanjutan dengan tetap berada pada koridor yang semestinya.

Tujuan dari penghargaan ini tidak lain untuk menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu.

Untuk keberhasilan Juara 2 kategori AMPL ini, lanjut Yani, merupakan upaya Kabupaten Muaraenim guna bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam target Universal Access menuju 100-0-100 yaitu 100 persen akses air minum terpenuhi, 0 persen bebas kawasan kumuh dan 100 persen terpenuhi sanitasi lingkungan dengan baik.

Sementara itu Gubenur Sumsel H. Herman Deru, mengatakan punyusunan RKPD seluruh OPD harus mengarahkan semua program kegiatannya untuk kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan potensi daerah dan kemampuan keuangan pemerintah. Lalu, secara sinergi harus sejalan dan saling mengisi dengan program kegiatan Kabupaten / Kota.

Seperti diketahui penerima Piagam Penghargaan kepada Kabupaten / Kota dengan Dokumen Perencanaan Terbaik untuk kategori Kabupaten Juara 1 (Muaraenim), Juara 2 (Musi Rawas) dan Juara 3 Musi Banyuasin.

Untuk kategori Kota yakni Juara 1 (Palembang) dan Juara 2 (Pagar Alam). Sedangkan untuk kategori AMPL Juara 1 (Ogan Komering Ulu) dan Juara 2 (Muaraenim).(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved