Lapor Mang Sripo

Prosedur Bayar Pajak Via Hape

Kabarnya sekarang masyarakat bisa membayar pajak melalui aplikasi yang ada di hape, apa benar? Katanya, aplikasi ini dibuat supaya yang tinggal di dae

Prosedur Bayar Pajak Via Hape
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ilustrasi - Para wajib pajak kendaraan bermotor antre mengurus pajak di Kantor Samsat UPTB Palembang 1, Kamis (13/12/2018). 

SRIPOKU.COM - Kepada pihak yang mengelola pajak daerah, kabarnya sekarang masyarakat bisa membayar pajak melalui aplikasi yang ada di hape, apa benar?

Katanya, aplikasi ini dibuat supaya yang tinggal di daerah tidak perlu datang ke kantor sehingga bisa mempersingkat waktu. Lantas, apakah sekarang sudah bisa digunakan?

Cara Hitung Denda Telat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor, Mudah Sampai Bisa Hitung Sendiri!

Aplikasi E Samsat Nasional (E-Samonas), Cara Bayar Pajak Kendaraan Luar Kota Bisa Via Handphone

Caranya seperti apa untuk masyarakat menggunakannya?
081271291xx

Jawaban
Kita sudah bekerja sama dengan Korlantas melalui aplikasi E-Samonas untuk wajib pajak dapat membayarkan kendaraan dengan plat polisi se-Indonesia.

Misal, pajak kendaraan kita di Jakarta, tetapi tinggal di Palembang tidak perlu lagu langsung ke Jakarta. Cukup via handphone sudah bisa bayar pajak. Adapun cara pembayarannya melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore.

Wajib pajak cukup membayar dengan kode bayar yang tertera dan memilih bank mana akan membayar. Kemudian akan keluar STNK online sementara yang dapat berlaku selama satu bulan selama STNK asli belum dikirim.

Untuk pembayaran pajak melaui E-Samonas sendiri hanya bisa berlaku apabila ada tunggakan hitungan bulan, namun untuk tunggakan tahunan WP tetap harus bayar ke Samsat sesuai plat kendaraan.

Saat ini masih sedang dalam tahap penyempurnaan dan kerjasama dengan pihak bank. Usai Pilpres aplikasi tersebut sudah bisa digunakan oleh para wajib pajak. (oca)

Neng Muhaiba
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved