Kota Palembang Tercepat Selesaikan Sertifikat Tanah, Gubernur Minta Laporkan Jika Dipungut Biaya

Kota Palembang menjadi Kota tercepat dalam menyelesaikan penerbitan sertifikat tanah secara gratis lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

sripoku.com/Reigan P
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Di dampingi Walikota Palembang Harnojoyo Saat menyerahkan sertifikat gratis secara simbolis kepada masyarakat. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kota Palembang menjadi Kota tercepat dalam menyelesaikan penerbitan sertifikat tanah secara gratis lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari seluruh wilayah di Indonesia.

Khusus wilayah (Sumatera Selatan) Sumsel, Kota Palembang juga menjadi yang terbanyak mendapat sertifikat tanah gratis yang diterbitkan oleh perintah pusat ini.

Provinsi Sumsel sendiri, mengajukan sebanyak 180 ribu sertifikat ke pemerintah pusat, namun yang disetujui untuk wilayah Sumatera Selatan sebanyak 130.000 sertifikat.

Sedangkan untuk wilayah Kota Palembang dari 8 ribu sertifikat yang di ajukan yang disetujui sebanyak 7387 sertifikat.

Hendriko Diamuk Massa Usai Tabrak Pengendara Motor, Ternyata Mobilnya Hasil Curian

Via Vallen Diteror Orang Tak Dikenal, Nekat Datangi Rumah Ngotot Ingin Nikahi Pedangdut Tersebut

Gubernur Sumsel, Herman Deru menyampaikan kepada masyarakat bahwa pengurusan atau penerbitan sertifikat bisa langsung dilakukan di kantor Badan Pertahanan Palembang (BPN) dan tidak sedikitpun dipungut biaya atau secara gratis.

"Jadi, silahkan berurusan ke Kantor pertahanan kota Palembang untuk dapat mengambil sertifikat. Saya jamin tidak ada pungutan biaya, kalau ada yang meminta biaya silahkan dilaporkan ke kepala Kanwil Pertanahan," ungkap Herman Deru, saat membagikan secara simbolis 6 sertifikat tanah di Jalan KH Azhari Kelurahan 3/4 Ulu Kecamatan SU I Palembang, Minggu (14/4/2019).

Hal ini bisa dilakukan, lantaran menurut Herman Deru, tidak akan selesai jika membagikannya masih menunggu jadwal dari Presiden RI Joko Widodo.

BREAKING NEWS : Facebook, Whatsapp dan Instagram Down, Penyebabnya Masih Belum Diketahui

Gubernur Sumsel Herman Deru Minta Maksimalkan Pemanfaatan Bumi Perkemahan Gandus

"Ada 130.000 program pembagian sertifikat gratis di Sumsel, sudah kami sampaikan dalam rapat terbatas dengan Presiden, kalau menunggu Bapak Presiden yang membagikan, maka tidak terbagi dalam waktu dekat, dan hingga akhirnya disetujui untuk langsung dibagikan kepada masyarakat," jelas Herman Deru.

Sementara itu, Ketua Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) Provinsi Sumatera Selatan, Mukhtar Deluma mengatakan Herman Deru menjadi satu-satunya orang yang diberi kepercayaan oleh Presiden untuk membagikan sertifikat gratis.

"Sertifikat tanah PTSL harusnya dilaksanakan oleh bapak presiden, namun dilimpahkan hanya untuk Gubernur Sumatera Selatan. Kota Palembang dari seluruh indonesia menjadi juara 1 dalam menyelesaikan sertifikat, 7387 sertifikat siap untuk diserahkan," jelasnya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved