Berita Lubuklinggau

Bawaslu Lubuklinggau Amankan Barang Bukti Kantong Plastik Berisi Uang Dugaan untuk Money Politic

Kasus dugaan Money Politic (MP) atau politik uang yang dilaporkan masyarakat ke Panwascam Lubuklinggau Barat I

Bawaslu Lubuklinggau Amankan Barang Bukti Kantong Plastik Berisi Uang Dugaan untuk Money Politic
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Bahusi, Komisioner Banwaslu Lubuklinggau. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU -- Kasus dugaan Money Politic (MP) atau politik uang yang dilaporkan masyarakat ke Panwascam Lubuklinggau Barat I dititipkan di Sekretariat Banwaslu Kota Lubuklinggau.

Barang bukti tersebut berupa kantong plastik warna hitam yang didalamnya diduga terdapat sejumlah data, contoh surat suara dan sejumlah uang.

Divisi Hukum Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Banwaslu Kota Lubuklinggau, Bahusi, kepada Sripoku.com menjelaskan, pihaknya menerima titipan barang bukti tersebut pada Sabtu (13/4/2019) sekitar pukul 20.30 malam.

Barang bukti tersebut dititipkan oleh pihak Panwascam Lubuklinggau Barat I dikawal aparat keamanan.
"Kita (Banwaslu) hanya menerima titipan saja, untuk proses kajian laporan itu tetap dilaksanakan di Panwascam Lubuklinggau Barat yang menjadi lokasi atau wilayah pelaporan. Kami terima satu kantong plastik warna hitam, kami belum tau isinya, karena disegel," kata Bahusi, Minggu (14/4/2019).

Terkait laporan tersebut mengarah ke dugaan money politik, menurut Bahusi belum bisa dikatakan sebagai money politik. Sebab untuk memastikannya, menunggu hasil pengkajian dari Panwascam Lubuklinggau Barat.
"Untuk proses kajiannya, itu Senin (15/4/2019), sesuai dengan hari kerja. Untuk laporannya memang bisa diterima kapan saja, tapi untuk proses kajian tetap pada hari kerja," ujarnya.

Staf Divisi Hukum Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Banwaslu Kota Lubuklinggau, Muslim, yang mendampingi Panwascam Lubuklinggau Barat menerima laporan masyarakat mengatakan, pihak Panwascam Lubuklinggau Barat I menerima laporan dari masyarakat.

Kronologisnya, pelapor mendatangi terlapor dan menanyakan sebuah kantong plastik. Karena terlapor tak menjawab pertanyaan pelapor, maka kantong plastik itu diambil oleh pelapor. Setelah dibuka, didalam kantong plastik itu ada contoh surat suara, diduga sejumlah uang, data kartu nama caleg tertentu.

Seperti diberitakan, viral di media sosial seorang pria di RT4 Kelurahan Tanjung Indah Kecamatan Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau diamankan warga karena membawa satu kantong plastik yang diduga akan digunakan untuk kegiatan money politik caleg tertentu.

Kantong plastik warna hitam yang dibawa oleh pria tersebut kemudian direbut oleh warga dan kemudian dibuka. Isinya antara lain, data, contoh surat suara dan diduga sejumlah uang.

Kejadian ini sempat direkam warga dan diposting ke media sosial. Selanjutnya kejadian ini dilaporkan oleh masyarakat ke Panwascam Lubuklinggau Barat I.

3 Diva Indonesia Ini tak Diragukan Lagi Kualitasnya saat Bernyanyi, Ternyata No 3 Sering Pakai Wig!

Ratusan Millenial Antusias Launching MPS, Tamat Sekolah Jadi Entrepreneur

Tak Banyak yang Tahu, Ini Makna di Balik Seragam Pramugari Maskapai Indonesia, No 3 Tanpa Desainer!

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved