Ketua Umum KONI

Mencari Ketua Umum KONI Sumsel

Musyawarah Provinsi Luarbiasa (Musprovlub) KONI Sumatera Selatan (Sumsel) akan berulang kembali.

Mencari Ketua Umum KONI Sumsel
ist
H. Kurnati Abdullah

Mencari Ketua Umum KONI Sumsel
Oleh : H. Kurnati Abdullah
Pengamat Olahraga/Ketua DKP PWI Sumsel

Musyawarah Provinsi Luarbiasa (Musprovlub) KONI Sumatera Selatan (Sumsel) akan berulang kembali.

Masalahnya selalu sama yaitu penggantian pengurus sebelum habis masa jabatan terutama karena adanya penggantian gubernur 5 tahun sekali. Sementara masa bakti Pengurus KONI 4 tahun.

Musprovlub KONI Sumsel ini sejarahnya dimulai dari Gubernur Rosihan, Gubernur Syahrial Oesman, Muddai Madang, Alex Noerdin.

Menurut Plt Ketua Umum KONI Sumsel Dheny Zainal Musprovlub KONI Sumsel akan dilaksanakan seusai Pemilu 17 April 2019. Diselenggarakannya Musprovlub, karena 3 Aparatur Sipil Negara (ASN) : Nasrun Umar Sekda Provinsi Sumsel, Yusuf Wibowo Kadispora Sumsel, A Taqwa Dosen Poltek Sriwijaya, yang menjadi pengurus teras KONI Sumsel mengundurkan diri dengan alasan Asian Games 2018 di Palembang telah selesai.

Sementara Alex Noerdin Sebagai Ketua Umum KONI Sumsel tidak mengundurkan diri, meskipun beliau tidak lagi sebagai Gubernur Sumsel dan memang masa jabatannya KONI Sumsel 2016-2020.

Pada awal terbentuknya KONI Sumsel periode 2016-2020 sudah banyak yang mempertanyakan terkait duduknya ASN/Pejabat Publik di kepengurusan KONI Sumsel.

Sebab, menurut UU No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Pasal 40 pejabat dijelaskan bahwa pejabat publik tidak boleh duduk di kepengurusan KONI.

Tapi pada saat itu Sumsel bersama DKI dipercaya sebagai penyelenggara Asian Games 2018 dan Mendagri pun mengizinkan.

Memang, meskipun telah ditetapkan dengan UU, masih ada saja daerah lain yang melanggar aturan yang menetapkan gubernur sebagai Ketua Umum KONI Provinsi, atau bupati/walikota sebagai Ketua KONI kabupaten/kota.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved