Berita Ogan Ilir

Jelang Tahun Ajaran Baru Mahasiswa Unsri Berburu Kos-an, Rumah Kos di Indralaya Laris Manis

Memasuki tahun ajaran baru mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) khususnya yang berasal dari luar daerah mulai disibukkan mencari rumah-rumah kos

Jelang Tahun Ajaran Baru Mahasiswa Unsri Berburu Kos-an, Rumah Kos di Indralaya Laris Manis
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Rumah Kos di Indralaya Laris Manis 

Laporan wartawan Sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA-- Memasuki tahun ajaran baru mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) khususnya yang berasal dari luar daerah mulai disibukkan mencari rumah-rumah kos yang berjarak tak begitu jauh dari lingkungan perkuliahan kampus Unsri Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Jarak dengan kampus dan tambahan fasilitas menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan perbedaan harga sewa.

Semakin jauh jarak, semakin murah nilai harga sewa rumah kos begitu pun sebaliknya semakin dekat dengan lingkungan kampus. Maka nilai sewa rumah kos pun semakin mahal.

Penuturan pengelola rumah kos di kawasan Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Kabupaten OI mengaku sampai dengan saat ini sudah banyak calon penghuni rumah kos menyatakan bersedia menempati.

Bahkan sebagian calon penghuni rumah kos telah menyetorkan uang "Down Payment" (tanda jadi). Umumnya calon penghuni rumah kos mahasiswa yang berasal dari luar daerah. Bahkan ada juga mahasiswa yang berasal dari luar Provinsi seperti Medan (Sumut), Padang, Lampung dan Provinsi lainnya.

"Sampai saat ini, sudah banyak calon penghuni sewa rumah kos menyatakan bersedia," tutur Sutrisno salah satu pengelola rumah kos di kawasan Timbangan Indralaya. Ia menyatakan, hampir setiap tahun penghuni rumah kos ditempatnya selalu mengalami peningkatan. Di samping itu pula, diimbangi dengan mahasiswa yang telah menyelesaikan studi. "Ya, kira-kira ada yang masuk dan ada yang selesai," ucapnya.

Biaya harga sewa rumah kos yang ditawarkan cukup bervariatif sesuai dengan fasilitas yang dikehendaki oleh calon penghuni. Khususnya untuk biaya sewa rumah kos elit yang berada di gang Lampung Kelurahan Timbangan Indralaya nilai sewanya ditaksir mencapai angka Rp 9 juta per tahun terendah kisaran Rp 500 ribu per bulan.

Untuk nilai sewa Rp 9 juta per tahun fasilitas yang diterima oleh calon penghuni yakni, full AC, lemari, tempat tidur, meja belajar dan kamar mandi di dalam.

Namun apabila calon mahasiswa Unsri ingin tinggal di lingkungan Rusunawa, Apartemen Kampus Unsri Indralaya, pihak Rektorat telah menyediakan beberapa kamar kosong bagi calon penghuni.

Kendati nilai sewanya tergolong lebih murah bila dibandingkan nilai sewa rumah kos yang ada di luar lingkungan kampus Unsri. Namun ada aturan tersendiri yang harus diikuti oleh mahasiswa penghuni Rusunawa dan Apartemen Kampus Unsri Indralaya.

Satu orang mahasiswa hanya dibanderol Rp 3.6 juta per tahun, nilai tersebut sudah merupakan aturan langsung dari pihak Rektorat. Calon penghuni tidak boleh menempati sendirian, minimal satu ruangan ditempati oleh dua orang mahasiswa.

Fasilitas yang diterima yakni spring bed dan lemari, meja belajar, free wifi hingga bagian koki masak. "Sampai dengan saat ini, masih ada beberapa ruangan Apartemen yang masih kosong dan siap ditempati oleh calon penghuni," ujar Tikno bagian kemahasiswaan Unsri.

===

Beredar Video Syahrini Bersama Ayu Dewi, Mahar dari Reino Barack Rp 40 Miliar Dianggap Bohong

Baru Ulang Tahun & Jarang Diterpa Gosip, Intip Potret Artis Dewi Sandra Banjir Pujian Netizen

Baru 2 Hari Jalani Trial, Manajemen Sriwijaya FC Rekrut Ahmad Ihwan sebagai Striker

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved