Lapor Mang Sripo

Cemas Akan Ancaman Angin Puting Beliung

Apakah saat ini Palembang sudah ditetapkan rawan akan angin puting beliung? Karena, dalam beberapa hari ini, angin kok terasa kencang bener. Bisa kita

Cemas Akan Ancaman Angin Puting Beliung
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Ilustrasi - Rumah milik Hendi, di RT6 Kelurahan Ulak Lebar Kecamatan Lubuklinggau Barat II Kota Lubuklinggau rusak berat karena disapu angin puting beliung yang terjadi saat hujan deras, Rabu (18/10), sekitar pukuk 14.00. 

SRIPOKU.COM - Kepada BMKG Palembang, apakah saat ini Palembang sudah ditetapkan rawan akan angin puting beliung?

Karena, dalam beberapa hari ini, angin kok terasa kencang bener. Bisa kita lihat, beberapa atap bangunan, pohon, hingga kabarnya tiang listrik ada yang roboh.

BMKG Rekam Kecepatan Angin Capai 33 knots atau 60 Km/Jam, Palembang Berpotensi Angin Puting Beliung

Angin Puting Beliung di Tanjung Beringin Empatlawang, Atap Rumah Melayang & Tenda Hajatan Roboh

Kalau memang sudah ada potensinya, mohon dilakukan imbauan sehingga kami bisa mengantisipasi, terima kasih.
081271291xx

Jawaban
Berdasarkan data update terbaru kecepatan angin yang terekam melalui alat BMKG mencapai 33 knots atau sekitar 60 km/jam dengan curah hujan sebesar 14,0 mm.

Kondisi tersebut menyebabkan ibu kota provinsi Sumsel berpotensi besar terkena bencana angin puting beliung. Dengan kecepatan angin saat ini berdasarkan skala dampaknya dapat merusak atap, pohon, dan bangungan yang belum standar terhadap angin kencang diatas 30 Knots.

Untuk daerah yang potensi terjadinya puting beliung bisa memungkinkan terjadi di daerah Bertopografi Landai seperti Kota Palembang dan daerah bertopografi landai berlereng lainnya. (oca)

Nandang
Kasi Data dan Informasi BMKG Kenten Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

===

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved