Berita Palembang

Pastikan Aplikasi dan Scanner tidak Error, KPU Palembang Latih 25 Operator Aplikasi Situng

Sebanyak 25 operator mengikuti Pelatihan Operator Aplikasi Situng (Sistem Penghitungan) Pileg/Pilpres Tahap 2 yang dilaksanakan KPU Kota Palembang

Pastikan Aplikasi dan Scanner tidak Error, KPU Palembang Latih 25 Operator Aplikasi Situng
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Komisioner KPU Palembang Divisi Teknis Penyelenggaraan Alex Barzili SSi memantau Pelatihan Operator Aplikasi Situng (Sistem Penghitungan) Pileg/Pilpres Tahap 2. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Sebanyak 25 operator mengikuti Pelatihan Operator Aplikasi Situng (Sistem Penghitungan) Pileg/Pilpres Tahap 2 yang dilaksanakan KPU Kota Palembang di Hotel Santika Jl Radial, Selasa (2/4/2019).

"Pelatihan Operator Aplikasi Situng (Sistem Penghitungan) diikuti 25 operator. Ini diujicobakan secara nasional tahap 2. Untuk tenaganya ini sengaja kita cari 25 orang ini yang pasti mengusai komputer. KPU kerjasama dengan ITB untuk aplikasi ini. Ini kita melihat kesiapan kondisi alat scanner, laptop dan aplikasi supaya tidak error pada saat pelaksanaan. Support apa tidak, berapa persen. Pada tanggal 10 April nanti ujicoba Situng tahap 3 bahan scannya sudah harus 100 persen," ungkap Komisioner KPU Palembang Divisi Teknis Penyelenggaraan Alex Barzili SSi.

Sebelumnya, pada Tahap 1 di KPU 20 Maret 2019 lalu. Kemudian pada tahap 3 di Hotel lagi nanti tanggal 10 April. Tahap 1 di KPU 20 Maret 2019 lalu.

Menurut Alex, untuk penghitungan yang jadi patokan masih tetap penghitungan yang manual di PPK.

"Ini katakanlah untuk quick count KPU. Penulisan kesalahan itu sering di TPS. Untuk membantu pelatihan ini kita melibatkan Kasubag Teknis dan staf KPU Palembang. Menginput yang riskan. Setelah dapat dari TPS pada tanggal 18 April mereka ini mulai bekerja. Tata cara penghitungan. C1 dipindah lewat scan masuk aplikasi terdetek di komputer kemudian keluar hasilnya," jelas alumni MIPA Fisika Unsri.

Alex juga mengingatkan agar para pemilih tidak bawa alat tulis lain seperti pena pada saat pencoblosan surat suara di TPS.

"Coretan sedikitpun tidak boleh. Berati dia membawa alat lain untuk nyoblos," katanya.

Terkait soal surat suara dan kelengkapan TPS menurut, Alex baru akan didistribusikan 10 April mendatang.

"Dari KPU ke PPK mulai didistribusikan alat kelengkapan TPS tanggal 10 April. Distribusi yang ujung-ujung didahulukan Dapil 6 Jakabaring Kertapati, SU 1. Sudah diserahkan kepada pihak ketiga," pungkasnya. 

===

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved