News Video Sripo

Gelar Jambore Kopi Sriwijaya Tiga Ribu Pecinta Kopi Tanah Air Bakal Nikmati Kopi di Lahat

Cik Ujang sendiri bertekad dimasa kepemimpinannya Kopi asal Lahat bisa dikembangkan sendiri oleh warga Lahat. Tak hanya itu, Ia ingin Kopi Lahat terke

Laporan Wartawan Sripoku.com Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT  - Sebagai Salah satu Kabupaten penghasil Kopi di Tanah Air kenikmatan Kopi Lahat tidak diragukan lagi. Sayangnya, terbatasnya pengetahuan dalam mengembangkan produk yang berbahan dasar Kopi membuat Petani Kopi lebih memilih menjual dengan cara 'Instan' atau biji kopi.

Akibatnya, biji kopi asal Kabupaten Lahat di klaim oleh Daerah lain. Kondisi tersebut sangat disayangkan oleh Bupati Lahat Cik Ujang, SH Pasalnya,

Cik Ujang yang juga Ketua DPD Demokrat Lahat, ini ingin Kopi Lahat di Kenal dan laris dipasaran. "Lahat ini menghasilkan banyak sekali kopi setiap tahunnya. Hampir setiap kepala keluarga di Lahat memiliki sebidang Kopi namun sayangnya kopi-kopi tersebut di jual Petani dalam bentuk biji ke Daerah lain. Daerah lain mengolahnya kembali.

Hasil olahan tersebut tidak lagi menjadi Made In Lahat. Jadi daerah lain yang dapat nama padahal kopinya dari Lahat, Ungkap Cik Ujang, SH, Saat menerima audiensi Kompas Grup. Senin (1/4), Seraya menuturkan 'Kerbau yang punya susu tetapi Sapi yang dapat Nama'.

Cik Ujang sendiri bertekad dimasa kepemimpinannya Kopi asal Lahat bisa dikembangkan sendiri oleh warga Lahat. Tak hanya itu, Ia ingin Kopi Lahat terkenal di Indonesia hingga Mancanegara.

Untuk itu, Kata Cik Ujang Pemkab Lahat sangat mengapresiasi dan siap mendukung penyelenggaraan Jambore Kopi Sriwijaya yang akan digelar oleh Kompas Grup di Lahat.

"Ya kita harapkan dengan adanya Jambore Kompas Grup ini Tiga Ribu penikmat kopi di Tanah Air bisa merasakan nikmatnya kopi Lahat. Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan berimbas pada pengenalan wisata di Lahat, Hotel, dan sektor lainnya," Terang Cik Ujang

Sementara, Pemimpin Perusahaan Tribun Sumsel MF. Ririn Kusumawardhani Mengatakan, Perkembangan industri kopi di Indonesia dalam beberapa Tahun ini mengalami perkembangan yang sangat cepat. termasuk industri kopi di Sumatera Selatan bisa dilihat mulai menjamurnya kedai-kedai kopi dan masyarakat mulai tertarik tentang jenis-jenis kopi dan cara penyajian kopi. Sumatera Selatan termasuk produsen kopi tetapi sayangnya banyak belum mengenal kopi Sumatera Selatan bahkan mengenalnya dengan kopi Lampung. Oleh karena itu Jambore kopi Sriwijaya (JKS) 2019 bertujuan untuk memperkenalkan kopi Sumsel, mengedukasi proses kopi dari hulu-hilir mempromosikan pariwisata di Sumatera Selatan.

"Kopi Lahat itu potensi untuk dikembangkan dan kami yakin kopi Lahat mampu bersaing dengan kopi Daerah lain. makanya melalui Jambore Kopi Sriwijaya kita ingin semua tau dengan kopi Lahat," Ujar Ririn

"Kopi Lahat itu potensi untuk dikembangkan dan kami yakin kopi Lahat mampu bersaing dengan kopi Daerah lain. makanya melalui Jambore Kopi Sriwijaya kita ingin semua tau dengan kopi Lahat," Ujar Ririn (SRIPOKU.COM/EHDI)
Selain ajang Silaturahmi antar pecinta kopi dalam Jambore nantinya akan di lakukan panen raya kopi Lahat kemudian, branding kopi Sriwijaya khususnya kopi Lahat musyawarah penggiat kopi Sriwijaya. Petani, industri kopi barista dan Pemerintah sebagai ajang promosi pariwisata Lahat.

Ditempat yang sama Pemimpin Redaksi Tribun Sumsel, Hj. L. Weny Ramdiastuti Menuturkan, kegiatan jambore kopi Sriwijaya akan di publikasikan melalui media yang tergabung dibawah naungan Kompas Grup. Baik cetak, online, Televisi, dan media sosial. Dikatakan Weni, pihaknya mempunyai tanggungjawab untuk memerkenalkan Kopi Lahat, apalagi kualitas kopi Lahat bagus.

"Selain akan mengundang ribuan penikmat kopi, kegiatan ini juga bisa masuk rekor MURI nantinya. Dengan demikian harapan kita kedepan kopi Lahat akan lebih dikenal yang berimbas kepada pendapatan petani kopi yang lebih baik, "harapnya. 

==

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved