Berita OKU Timur

Bantuan Dana Desa untuk Pemkab OKU Timur Cair Bulan April Ini

Bantuan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat pada 2019 untuk Kabupaten OKU Timur dengan jumlah Rp 245 Miliar.

Bantuan Dana Desa untuk Pemkab OKU Timur Cair Bulan April Ini
https://www.google.com/
Ilustrasi. 

Laporan wartawan sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Bantuan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat pada 2019 untuk Kabupaten OKU Timur dengan jumlah Rp. 245 Miliar yang diperuntukkan bagi 305 desa segera cair awal Bulan April 2019.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) H Rusman SE MM Selasa (2/4/2019).

"Paling cepat disalurkan pada awal April untuk tahap pertama 20 persen, tahap ke dua 40 persen dan tahap ke tiga 40 persen. Jadi disalurkan dalam tiga tahap, sesuai dengan peraturan perundang-undangan," katanya.

Adapun mekanisme pencairannya kata dia, tahap kedua akan disalurkan setelah tahap pertama terserap dan selesai dikerjakan.

Sedangkan untuk nominal dana yang disalurkan lanjutnya, tidak sama sesuai dengan jumlah penduduk, letak geografis dan jumlah tingkat kemiskinan serta aspek lainya.

Jokowi: Penghapusan Pendidikan Agama itu Bohong, Azan Dilarang itu Fitnah, Pernikahan Sejenis Itu ?

Tiga Wanita Dalam Mobil Toyota Fortuner yang Ditinggal Sopirnya Hanyalah Wanita Penghibur

Naturalisasi Asal Kamerun, Bruno Casimir Jalani Trial, Pelatih Sriwijaya FC Berlakukan Seleksi Ketat

"Besaran dana desa yang kita salurkan ke desa tidak sama, hal ini juga sudah di atur dalam perundang-undangan. Kemudian dihimbau juga kepada seluruh kepala desa agar dapat menggunakan dana deaa sesuai dengan aturan yang ada," jelasnya.

Sementara untuk pemanfaatannya masih dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur sosial dasar dan pemberdayaan ekonomi.

Dengan demikian, dana desa benar-benar dapat memberikan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan di pedesaan.

"Selain membangun insfratuktur desa,  ada juga Badan usaha milik desa, yang tujuanya untuk meningkatkan perekonomian desa itu sendiri. Salah satunya dengan mengembangkan inovasi yang ada di setiap desa masing-masing," jelasnya. (hen).

===

Penulis: Evan Hendra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved