News Video Sripo

Video Miliki Keterbatasan Pengelihatan, Begini Cara Hafizur Rahman Ikuti Ujian Nasional 2019

juga diikuti pula oleh Hafizur Rahman, siswa dengan gangguan Low Vision dari SLB-A PRPCN Palembang.Kepala SLB-A PRPCN Palembang, Suwardi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Ujian Nasional (UN) serentak 2019 untuk tingkat SMA/MA yang digelar mulai pada Senin (01/04/2019) juga diikuti pula oleh Hafizur Rahman, siswa dengan gangguan Low Vision dari SLB-A PRPCN Palembang.

Kepala SLB-A PRPCN Palembang, Suwardi mengatakan Hafizur Rahman merupakan satu-satunya siswa yang mengikuti UN tahun ini.

Hafizur Rahman merupakan siswa dengan dengan keterbatasan penglihatan. Namun kategorinya low vision sehingga masih bisa melihat sebagian, artinya masih bisa melakukan mobilitas biasa artinya bisa mengenali orientasi penglihatan.

= = =

"Hanya saja keterbatasan membaca jarakanya harus lebih didekatkan. Kalau untuk orang normal jarak membaca 30 cm, Hafiz harus lebih dekat yakni 10 cm. Teks bacaan dengan siswa didekatkan," katanya, Senin (01/04/2019).

Suwardi menjelaskan, siswa laki-laki ini pun tidak menggunakan teks soal dengan huruf Braille akan tetapi menggunakan teks soal seperti siswa pada umumnya.

= = =

Namun karena harus melingkari jawaban di Lembar Kerja Komputer (LJK) Hafiz pun dibantu oleh guru pendamping.

"Kami dampingi siswa ini saat proses ujian," jelasnya.

Sama seperti siswa biasa, Hafiz pun harus mengikuti ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

= = =

Untuk tahun ini, lanjut Suwardi, tidak ada perbedaan dengan pelaksanaan UN pada tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya tetap mengikutkan siswanya untuk menjalani ujian akhir yang berlaku nasional.

"UN berjalan lancar seperti tahun lalu. Semoga tidak ada kendala sampai ujian selesai." ujarnya.

= = =

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved