Gubernur Sumsel Bagikan 202 Sertifikat Tanah di Muaraenim

Gubernur Sumsel Ir H Herman Deru MM dan Kakanwil ATR/BPN Muchtar Delima SH MH, secara simbolis membagikan 202 Sertifikat Tanah di GOR Sekundang Bara M

Gubernur Sumsel Bagikan 202 Sertifikat Tanah di Muaraenim
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Gubernur Sumsel Ir H Herman Deru MM dan Kakanwil ATR/BPN Muchtar Delima SH MH, secara simbolis membagikan 202 Sertifikat Tanah di GOR Sekundang Bara Muaraenim, Minggu (31/3).

Laporan Wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM,---Gubernur Sumsel Ir H Herman Deru MM dan Kakanwil ATR/BPN Muchtar Delima SH MH, secara simbolis membagikan 202 Sertifikat Tanah di GOR Sekundang Bara Muaraenim, Minggu (31/3/2019).

Penyerahan Sertifikat Tanah tersebut, diserahkan langsung secara simbolis oleh Gubernur Sumsel Herman Deru yang didampingi Kakanwil ATR/BPN Sumsel, Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim, serta pejabat teras muspida dan muspika Muaraenim.
Kepala Kanwil BPN Sumsel, H Mochtar SH MM mengatakan, pada tahun 2019 ini, Kantor Pertanahan Kabupaten Muaraenim mendapatkan target untuk kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 9.000 pengukuran bidang tanah dan sebanyak 11.000 Sertifikat Hak Milik Atas Tanah. Sampai saat ini, telah terukur lebih dari 2.177 bidang tanah dan 1.470 telah terbit Sertifikat Hak Atas Tanah.

"Hari ini, secara simbolis kita serahkan 202 sertifikat yakni 200 sertifikat kegiatan PTSL dan dua sertifikat tanah wakaf," ujar Mochtar.
Masih dikatakan Mochtar, masyarakat Kabupaten Muaraenim cukup tanggap dan peduli terhadap status hukum tanah, ketika ada program tersebut warganya cepat tanggap dengan langsung mengurusnuya. Untuk pencapaian di Sumsel sudah mencapai 31 persen, lebih dari target nasional. Kendala BPN dilapangan kurangnya dokumen pendukung di masyarakat seperti belum ada alas hak tanah, nomor induk kependudukan dan lain-lain.

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru, mengatakan di Sumsel ada 190 ribu sertifikat yang telah diterbitkan, dan 80 ribu sertifikat diantaranya sudah di serahkan. Dan Kabupaten Muaraenim salah Kabupaten yang telah banyak menerima sertifikat tersebut, artinya kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi terhadap status hukum tanah.

Hal ini tentu tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten Muaraenim dan BPN Muaraenim dalam mensosialisasikan program pemerintah.

Herman berharap dengan adanya sertifikat gratis ini akan semakin banyak masyarakat semakin sadar akan pentingnya hak milik yang dibuktikan dengan sertifikat hak milik.

"Ini merupakan salah satu program dari Perintahan Presiden RI Joko Widodo," tambahnya.(ari).

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved