Berita OKU Timur

Obati Rasa Rindu Warga, Gubernur Silaturahmi dengan Masyarakat Desa Gunung Batu OKU Timur

Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur merupakan desa yang unik karena tetap mempertahankan budaya dan adat istiadat asli.

Obati Rasa Rindu Warga, Gubernur Silaturahmi dengan Masyarakat Desa Gunung Batu OKU Timur
Dok. Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru silaturahmi bersama dengan Masyarakat Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Rabu (27/3/2019). 

OKU TIMUR -- Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur merupakan desa yang unik karena tetap mempertahankan budaya dan adat istiadat asli.

Bahkan marganya tetap utuh satu marga, berbeda dengan desa lainnya yang banyak dihuni oleh berbagai marga.

"Meski budaya asing masuk, tapi kita disini tepat mempertahankan adat asli. Kita tidak perlu malu menggunakan bahasa Komering. Suku Komering merupakan salah satu suku terbesar di Sumsel."

"Ini yang harus tetap kita pertahanan," tegas Herman Deru saat silaturahmi dengan masyarakat Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Rabu petang (17/3/2019).

Lebih lanjut Gubernur menegaskan, dalam waktu dekat,dirinya akan membentuk lembaga adat di tingkat kecamatan dalam Provinsi Sumatera Selatan.

"Lembaga adat di tingkat kecamatan akan kita beri nama pesirah adat," tambahnya sembari menyebutkan tujuan dari pembentukan lembaga adat tersebut sebagai wadah untuk melestarikan budaya dan adat asli setempat.

Gubernur Sumsel Herman Deru Yakin Songket Gunung Batu Mampu Bersaing di Pasaran

Gubernur Sumsel Herman Deru silaturahmi bersama dengan Masyarakat Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Rabu (27/3/2019).
Gubernur Sumsel Herman Deru silaturahmi bersama dengan Masyarakat Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Rabu (27/3/2019). (Dok. Pemprov Sumsel)

Terkait dengan kondisi pangkalJembatan Komering Desa Gunung Batu yang curam dan banyak menyebabkan kecelakaan, Gubernur meminta Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi untuk melakukan upaya pembehanan.

Sedangkan ruas jalan Provinsi penghubung OKU Timur hingga Talang Pangeran Kabupaten OKI yang kondisinya rusak segera dilakukan perbaikan paling lambat bukan April mendatang.

"Jalan Provinsi penghubung OKU Timur sampai Talang Pengeran OKI, akan mulai dikerjakan perbaikannya paling lambat bulan empat nanti. Sekarang ini masih dalam tahap tender," imbuhnya.

Herman Deru juga mengajak masyarakat yang bermukim di sekitar pesisir Komering untuk kembali menjadikan kawasan itu sebagai daerah penghasil ikan melalui sistem bioflok atau kolam terpal.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved