Bahaya Sulit Tidur Nyenyak pada Otak

Lelah, lesu, sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih kerap terjadi saat kita tak bisa tidur dengan nyenyak. Dalam jangka panjang, sulit tidur

Bahaya Sulit Tidur Nyenyak pada Otak
https://www.google.co.id/
Ilustrasi tidur nyenyak 

SRIPOKU.COM - Lelah, lesu, sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih kerap terjadi saat kita tak bisa tidur dengan nyenyak.

Dalam jangka panjang, sulit tidur nyenyak juga berpengaruh pada fungsi otak.

Ingin Tidur Nyenyak, Hindari Melakukan 4 Aktivitas Ini

Tips Tidur Nyenyak Saat Datang Bulan

Menurut ahli saraf dan spesialis obat tidur Winnie Pao, sulit bagi kita untuk memiliki derajat kesehatan yang baik jika kualitas tidur buruk.

"Ini seperti kita mengajukan kredit di bank. Jika sering mengajukan kredit tanpa melunasinya, maka kita tak bisa membayar bunganya," ucapnya.

Tidur sangat penting untuk kesehatan otak dan tubuh. Sayangnya, survei dari National Sleep Foundation (NSF) tahun 2018 menunjukkan hanya 10 persen orang dewasa yang memprioritaskan tidur di atas aspek-aspek, seperti pekerjaan dan hobi.

Riset membuktikan, gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea berisiko pada penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas dan diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Gangguan tidur akibat sleep apnea juga berefek buruk pada otak. Riset yang dilakukan terhadap 208 orang berusia 55 hingga 90 tahun dengan kognitif normal telah membuktikan hal ini.

Sleep apnea dikaitkan dengan peningkatan penanda beta-amyloid, sebuah fragmen protein yang terdiri dari penumpukan otak amiloid di otak penderita alzheimer.

Akumulasi beta-amiloid terjadi pada tahap awal alzheimer tetapi tidur yang cukup diyakini membantu membersihkan beta-amiloid dari otak.

Temuan ini membuktikan bahwa sleep apnea dan gangguan tidur lainnya menyebabkan alzheimer atau demensia.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved