Komunitas Pendaki Dempo Turunkan 5 Ton Sampah dari Puncak Dempo

Para relawan yang tergabung dalam Relawan Kampung 4 Gunung Dempo (Raka4dempo) berhasil mengumpulkan kurang lebih 5 ton sampah dari kawasan Gunung Demp

Komunitas Pendaki Dempo Turunkan 5 Ton Sampah dari Puncak Dempo
SRIPOKU.COM/IST
Tampak Tumpukan Sampah Yang berhasil dikumpulkan oleh Relawan Raka4dempo di Kawasan Gunung Dempo, Jumat (22/3/2019) 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Para relawan yang tergabung dalam Relawan Kampung 4 Gunung Dempo (Raka4dempo) berhasil mengumpulkan kurang lebih 5 ton sampah dari kawasan Gunung Dempo sampai di Puncak Dempo Kota Pagaralam.

Informasi yang berhasil dihimpun sripoku.com, Jumat (22/3/2019) menyebutman, jika kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu atau pada tanggal 16 dan 17 Maret lalu. Namun dari 5 ton sampah yang berhasil dikumpulkan baru 3 ton yang sudah dibawa ke lokasi pengumpulan.

"Masih ada 2 ton sisa sampah diatas. Sampah itu akan kita bawa turun secara bertahap dengan tetap melibatkan para relawan," ujar Aan Syahar salah satu relawan yang tergabung dalam penggiat komunitas pariwisata dan budaya Kota Pagaralam, kepada sripoku.com, Jumat (22/3/2019).

Selama pengumpulan sampah yang dilakukan cukup mengalami kesulitan, pasalnya di beberapa titik lokasi banyak terdapat medan yang sulit seperti melalui tebing terjal dan turunan yang cukup dalam. Selain itu selama proses pendakian juga kerap diguyur hujan sehingga jalur cukup licin dan berbahaya.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para relawan untuk mengumpulkan sampah sisa para pendaki.

"Untuk aksi yang kita lakukan sementara ini masih menggunakan dana pribadi yang dikumpulkan para relawan. Jadi kedepan kami berharap aksi seperti ini dapat disuport langsung oleh pemerintah," katanya.

Tampak Tumpukan Sampah Yang berhasil dikumpulkan oleh Relawan Raka4dempo di Kawasan Gunung Dempo, Jumat (22/3/2019)
Tampak Tumpukan Sampah Yang berhasil dikumpulkan oleh Relawan Raka4dempo di Kawasan Gunung Dempo, Jumat (22/3/2019) (Sripoku.com/ist)

Aan juga berharap dengan aksi yang dilakukan para relawan Raka4dempo ini nantinya akan semakin banyak pihak yang peduli terhadap lingkungan khususnya di Gunung Dempo yang menjadi Icon Kota Pagaralam.

"Semoga kedepan kesadaran pengunjung dan pendaki Gunung Dempo semakin meningkat, agar para relawan tidak perlu lagi melakukan aksi serupa, selain itu juga agar kelestarian gunung Dempo semakin baik," harapnya.

Aksi para relawan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Wakil Walikota Pagaralam, Muhammad Fadli, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini.

"Kami Pemkot Pagaralam sangat mengapresiasi aksi ini. Kami harap kesadaran para relawan ini dapat ditiru oleh masyarakat. Jika ini sudah menjadi kepedulian maka dipastikan masalah sampah bukan saja di puncak Dempo namun sampah dimasyarakat Kota Pagaralam juga akan bisa teratasi dengan menyeluruh," katanya.(one)

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved