Buntut Penembakan di Masjid Selandia Baru, MUI Palembang Bakal Kaji Game Online PUBG

MUI Palembang saat ini tengah mengkaji dampak negatif dark game online"PlayerUnknown's Battlegrounds" (PUBG) yang diduga menjadi inspirasi teroris

Buntut Penembakan di Masjid Selandia Baru, MUI Palembang Bakal Kaji Game Online PUBG
Sriwijaya Post
Penembakan di Selandia Baru, Tidak Perlu Dibalas Brutal. 

 Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Majelis Ulama Indonesia (MUI) se Indonesia, tak terkecuali MUI Palembang saat ini tengah mengkaji dampak negatif dark game online"PlayerUnknown's Battlegrounds" (PUBG) yang diduga menjadi inspirasi teroris melakukan aksi penembakan di Masjid Selandia Baru beberapa waktu lalu.

Ketua MUI Palembang, Saim Marhadan mengatakan pihaknya akan berkordinasi dengan MUI Sumsel untuk mengkaji dampak game online PUBG.

Ketua MUI Kota Palembang M Saim Marhadan
Ketua MUI Kota Palembang M Saim Marhadan (SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ)

Apabila setelah dikaji benar game tersebut menjadi inspirasi aksi terorisme, pihaknya tidak akan sungkan meminta pihak terkait menutup konten game online tersebut.

"Ya kita koordinasi dulu dengan provinsi dan mengundang MUI se Sumsel untuk mengkajinya apakah benar inspirasi sang teroris dari game ini," ungkapnya, Rabu (20/3/2019).

Menurutnya, melalui kajian itu baru MUI bisa menerbitkan fatwa dan larangan. Namun pihaknya enggan gegabah, lantaran harus dilakukan kajian secara komprehensif lebih dulu.

Keluarga Tantowi Yahya di Palembang Sempat Panik Pasca Penembakan Brutal Jemaah di Selandia Baru

Brenton Tarrant Dikabarkan Lakukan Aksi Brutal di Selandia Baru Terinspirasi dari Game Online, PUBG?

Apabila pihaknya langsung mengeluarkan larangan, dikhawatirkan masyarakat akan mempertanyakan tentang hal yang dilarang dan menimbulkan polemik baru.

"Sesuatu hal yang bisa dilarang itu jika memiliki dampak langsung bagi ketenangan dan sangat menganggu. Jika setelah dikaji memang banyak negatifnya, maka kita akan keluarkan fatwanya," jelas Saim.

Diakuinya, secara pribadi ia pun sering mendengar banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh game PUBG seperti anak bermain kebablasan sampai lupa waktu, jarang belajar hingga ditakutkan game tersebut dipraktikkan langsung oleh anak-anak pencandu game PUBG.

"Dampak nyata dari game itu jelas, belajar jadi terganggu bahkan sampai lupa belajar karena asik bermain," katanya. (Oca)

Hasil gambar untuk PlayerUnknown's Battlegrounds

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved