Berlokasi Di Plaza Benteng Kuto Besak , Bank Indonesia Dan Pemprov Sumsel Resmikan Rumah Kopi

"Sumsel punya potensi besar namun belum teralisasi sepenuhnya. Sehingga kita punya inisiatif bersama Pemprov Sumsel untuk menjadikan Rumah Kopi Sumsel

Berlokasi Di Plaza Benteng Kuto Besak , Bank Indonesia Dan Pemprov Sumsel Resmikan Rumah Kopi
SRIPOKU.COM/Jati P
Foto bersama Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari dengan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, Ahmad Najib dan jajaran pemprov Sumsel pada peresmian Rumah Kopi Sumsel di kawasan Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Senin (18/03/2019). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Bank Indonesia (BI) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel meresmikan Rumah Kopi Sumsel yang berlokasi di kawasan Plaza Benteng Kuto Besak Palembang, Senin petang (18/03/2019).

Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari mengatakan peresmian kafe ini untuk memfasilitasi pemasaran kopi lokal yang selama ini dinilai belum optimal.

"Sumsel ini termasuk memiliki lahan kopi terbesar namun belum dikenal luas karena kurangnya promosi. Kopi Sumsel belum seterkenal kopi Lampung," katanya.

Padahal menurut Yunita, dengan perbandingan luas lahan yang hanya separuh dari luas lahan kopi di Sumsel, produksi kopi Lampung nilainya sama dengan produksi Sumsel.

Apalagi jika dilihat dari nilai ekspor kopi Sumsel, jelas dia, besarannya pun masih relatif kecil yaitu hanya sekitar 0,4 persen dari total ekspor kopi nasional.

Angka tersebut juga lebih kecil dibanding dengan nilai ekspor provinsi tetangga Sumsel, Lampung, yang menyentuh 30 persen.

"Sumsel punya potensi besar namun belum teralisasi sepenuhnya. Sehingga kita punya inisiatif bersama Pemprov Sumsel untuk menjadikan Rumah Kopi Sumsel," tambahnya.

Yunita melanjutkan, Rumah Kopi Sumsel ini akan menjadi tuan rumah kopi bagi produksi petani rakyat dari seluruh kabupaten penghasil kopi di Sumsel.

Foto bersama Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari
dengan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, Ahmad Najib dan jajaran pemprov Sumsel pada peresmian Rumah Kopi Sumsel di kawasan Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Senin (18/03/2019).
Foto bersama Kepala Perwakilan Kantor BI Sumsel, Yunita Resmi Sari dengan Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, Ahmad Najib dan jajaran pemprov Sumsel pada peresmian Rumah Kopi Sumsel di kawasan Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Senin (18/03/2019). (SRIPOKU.COM/Jati P)

Sejauh ini sudah ada lima kabupaten yang terdiri Muara eneim, Pagaralam, Empat Lawang, Lahat dan OKU yang telah memasarkan produknya di Rumah Kopi Sumsel.

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved