Lapor Mang Sripo

Jangan Biarkan Pempek Palembang tanpa SNI

Apakah saat ini sudah ada semacam regulasi mengenai penjualan pempek harus ada semacam standar kelayakan? Seperti yang kita tahu, pempek sudah menjadi

Jangan Biarkan Pempek Palembang tanpa SNI
Sripoku.com/mg3
Ilustrasi - Suasana Penjualan di Kedai Pempek Edi 26, di Sentra Penjualan Pempek Palembang, Senin (11/06/2018). 

SRIPOKU.COM - Kepada pihak terkait, apakah saat ini sudah ada semacam regulasi mengenai penjualan pempek harus ada semacam standar kelayakan? Seperti yang kita tahu, pempek sudah menjadi kuliner yang bisa dikatakan sangat banyak dijual, entah itu konvensional maupun secara online.

Berita Lainnya:

Cara Membuat Pempek Palembang Lengkap dengan Cukonya Dijamin Anti Gagal dan Tidak Ribet

Cara membuat Pempek Palembang Lengkap Dengan Cuko Anti Gagal & Tidak Ribet

Namun, dicemaskan yang menjual atau yang membuat tidak menggunakan bahan yang layak dikonsumsi. Apalagi, sejumlah barang baku pembuatan pempek terkadang mahal dan sulit didapat. Semoga saja ada semacam standarisasi produk sehingga pempek yang dijual di masyarakat memang layak dikonsumsi.
0813670192xx

Jawaban
Produsen pempek sendiri di Kota Palembang hingga kini masih minim sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal itu lantaran biaya pengurusan sertifikat yang dinilai cukup besar, termasuk permasalahan pembuatan nama produksi sehingga menjadi hak paten.

Kota Palembang saat ini baru ada 3 UMKM yang sudah ada Lebel SNI pada kemasan produknya. Untuk mendapat sertifikat SNI ada sejumlah persiapan dari pengujian produk, proses produksi sampai mendapat sertifikasi ditanggung oleh pihak pengaju atau pelaku usaha itu sendiri.

Untuk pempek yang berbahan baku ikan pengujiannya lebih mahal karena harus ada uji mikro biologis, pengujiannyapun dilakukan di Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) yang berada di Ibukota Jakarta. Selama proses pengujian itu, nanti ada tim dari pusat melihat langsung produksinya kelapangan dan mengambil sampel dari produknya untuk diuji kemudian dibawa lagi LSPro. (mg3)

Haryanto
Penanggungjawab Harian Teknis Badan Standarisasi Nasional (BSN) Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

===

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved