Hari Ini, Presiden Akan Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia

Presiden Joko Widodo hari ini, Jumat (8/3/2019) akan meresmikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung dengan

Hari Ini, Presiden Akan Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia
https://money.kompas.com/
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. (Dok. Kementerian PUPR) 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Presiden Joko Widodo hari ini, Jumat (8/3/2019) akan meresmikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung dengan panjang 140,9 kilometer.

Berita Lainnya:

Tol Trans Sumatera, Joko Widodo Optimistis Tol Aceh-Lampung Tersambung

Lebaran Mudik Lewat Tol, Palembang-Bakauheni Rampung April 2019

Setelah diresmikan, Tol Bakeuheni-Terbanggi Besar akan beroperasi penuh. Namun, hingga satu bulan ke depan tarif untuk ruas tol ini belum diberlakukan.

Adapun peresmian ruas jalan tol ini dilakukan di Gerbang Tol Natar, Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Pengerjaan ruas tol ini ditaksir menghabiskan biaya hingga Rp 16,79 triliun.

Setelah diresmikan, tol ini akan menjadi yang terpanjang di Indonesia, melampaui Tol Cikopo-Palimanan dengan panjang 116,76 kilometer.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan, ruas tol yang ditargetkan rampung adalah Terbanggi Besar hingga Palembang di Sumatera Selatan.

“Selanjutnya Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang,” ucap Bintang.

Untuk pekerjaan konstruksi Tol Bakeuheni-Terbanggi Besar terbagi menjadi empat paket, yaitu Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 kilometer yang sudah rampun dan telah beroperasi pada Januari 2018 lalu. Kemudian Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru (40,6 kilometer), Paket 3 Kotabaru-Metro (29 kilometer), dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar (31,93 kilometer) sudah rampung pekerjaan konstruksinya pada Desember 2018.

Sementara, untuk pekerjaan jalan tol hingga Palembang dengan panjang 365 kilometer dijadwalkan akan rampung pada Juni 2019 ini. Bintang mengatakan, jika sudah resmi beroperasi penuh, perjalanan dari Bakeuheni ke Palembang bisa ditempuh dengan perjalanan maksimal 6 jam.

Untuk diketahui, Tol Trans-Sumatera merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditugaskan pemerintah kepada Hutama Karya berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2015 yang merupakan revisi atas Perpres Nomor 100 Tahun 2014. Untuk pengerjaan proyek ini, taksiran nilai investasinya sebesar Rp 476 triliun.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved