KPU Perpanjang Pendaftaran Pindah Memilih hingga 12 Maret, Berikut Syarat dan Tempat Mendaftarnya

KPU Kota Palembang menambah jadwal waktu pendaftaran pindah memilih bagi warga luar daerah yang akan mecoblos di kota tempat ia berdomisili.

KPU Perpanjang Pendaftaran Pindah Memilih hingga 12 Maret, Berikut Syarat dan Tempat Mendaftarnya
Sripoku.com/dok
Ketua KPU Kota Palembang Eftiyani. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Seiring tingginya angka pindah memilih, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang menambah jadwal waktu pendaftaran pindah memilih bagi warga luar daerah yang akan mecoblos di kota tempat ia berdomisili.

Jarang Terekspos, Tiba-tiba Mulan Jameela Unggah Foto Bersama Tiara anak dari Suami Pertama

Hadapi Liga 2 Musim 2019, Sriwijaya FC Butuh Pemain Berpengalaman Isi Posisi Kiper dan Defender

"Sasaran kami memang mahasiswa karena jumlahnya cukup banyak, ada yang pindah memilih dari luar daerah ke Palembang, ada juga yang pindah memilih dari Palembang ke luar daerah. Untuk itu kami menambah batas waktu yang ingin mendaftar sampai tanggal 12 Maret mendatang,” ungkap Ketua KPU kota Palembang Eftiyani, Kamis (7/3/2019).

Menurut dia, sebelumnya sudah dibuka 6 posko pendaftaran pindah memilih di enam kampus yakni UIN Raden Fatah Palembang, Unsri, Polsri, Poltekkes Palembang, UMP, dan PGRI Palembang.

Update Guru Dibunuh Suami, Rahmat Azankan Ibunya di Liang Lahat Pemakaman Rozalina Diliputi Keharuan

Deretan Artis Berstatus Janda dan Jadi Rebutan Lelaki, Nomor 4 Pernah Dinikahi Pangeran Malaysia

Meski begitu, antusiasme pendaftar pindah memilih di enam kampus tersebut cukup tinggi dengan jumlah pendaftar pindah memilih ke Kota Palembang mencapai 154 orang. Sementara, pendaftar pindah memilih ke luar Kota Palembang mencapai 1.005 orang, 117 orang diantaranya merupakan narapidana di Lapas Banyuasin.

KPU Palembang sendiri sudah menutup pendaftaran di enam posko tersebut pada 5 Maret kemarin, namun pihaknya masih menerima pendaftaran pindah memilih sampai pleno akhir penetapan DPT, yakni tanggal 12 Maret di Kantor KPU Kota Palembang Jalan Kamboja tepatnya di belakang Kantor Camat Ilir Timur I Palembang.

"Silahkan yang belum daftar, datang saja ke Kantor KPU Palembang bawa KTP, yang terpenting bahwa orang itu sudah terdaftar di DPT daerah asalnya," kata Eftiyani.

Pendaftaran pindah memilih sangat penting agar para perantau tetap bisa menggunakan haknya saat pencoblosan 17 April mendatang, selain metode tersebut KPU tidak memperbolehkan seseorang untuk mencoblos, termasuk penggunaan KTP.

KPU Kerahkan 300-an Petugas Tuntaskan Pelipatan Surat Suara Mulai Sabtu Ini

Terkait Heboh Banyak NIK Ganda di Lahat & TPS 040 tak Ada Pemilih Perempuan Ini Kata Ketua KPU Lahat

Kendati seseorang sudah terdaftar di DPT daerahnya, namun tidak mendaftar pindah memilih, maka tetap tidak bisa mencoblos menggunakan KTP.

"Sesuai regulasi, jika tidak mendaftar pindah memilih maka orang hanya bisa mencoblos sesuai alamat pada KTP, misalnya saya KTP Banyuasin mau nyoblos di Palembang maka tidak bisa, kecuali saya masih warga Palembang di Kecamatan A ingin mecoblos di Kecamatan B maka tetap bisa mencoblos meski tidak mendaftar pindah memilih," jelasnya.

Ia menambahkan, para pendaftar pindah memilih saat pencoblosan hanya akan mendapat surat suara pemilihan presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRD, tergantung daerah memilihnya.

Pada 12 Maret mendatang pihaknya akan memplenokan jumlah DPT final Kota Palembang sekaligus mengkonfirmasi data perpindahan para pemilih ke daerah-daerah yang terdaftar, sementara ini DPT terdata sebanyak 1.126.087 orang, kemungkinan akan berubah pasca pleno final.(cr2)

===

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved