Sejarah Hari Ini - Timnas Indonesia Dihantam India di Laga Pertama Asian Games 1951

Ini adalah kali pertama Asian Games diselenggarakan dan Indonesia langsung ikut serta dalam persaingan di cabang sepak bola.

Sejarah Hari Ini - Timnas Indonesia Dihantam India di Laga Pertama Asian Games 1951
GOUNESCO.COM
Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru, di Asian Games 1951. 

SRIPOKU.COM - Tepat 68 tahun yang lalu, Timnas Indonesia merasakan awal pahit dalam keikutsertaannya di ajang Asian Games.

Stadion Nasional India, New Delhi, 5 Maret 1951, Timnas Indonesia melakoni laga perdana Asian Games 1951 dengan menghadapi tuan rumah India.

Ini adalah kali pertama Asian Games diselenggarakan dan Indonesia langsung ikut serta dalam persaingan di cabang sepak bola.

Awan Seto dan Sani Rizki Fauzi Naik Pangkat Usai Timnas Indonesia Meraih Juara Piala AFF U-22 2019

Juara Piala AFF U-22 2019, Perjuangan Timnas Indonesia Mirip Italia Saat Juara Piala Dunia 2006

Usai Raih Juara Piala AFF U-22 2019, Timnas Indonesia Akan Kembali Melawan Timnas Thailand

Saat itu, Timnas Indonesia dilatih oleh pelatih asal Singapura, Cho Seng Quee.

Pria yang akrab disapa Uncle Cho itu merupakan pelatih pertama yang dimiliki timnas Indonesia yang terbentuk setelah merdeka.

Setelah melatih Singapore FA pada 1949 hingga 1950, ia didatangkan oleh Ketua PSSI R. Maladi untuk meracik skuat dalam rangka menyambut Pesta Olahraga Asia yang segera digelar.

Bermodal persiapan latihan serta kekuatan dengan sejumlah pemain yang pada kemudian hari menjadi legenda Tanah Air seperti Maulwi Saelan, Aang Witarsa, dan Tan Liong Houw, Timnas Indonesia berangkat ke India untuk menyambut tantangan berat dari tuan rumah yang kala itu sedang dalam masa keemasannya.

Ya, India pada masa itu sedang dalam masa keemasan meski baru memasuki fase awal sehingga jelas tidak bisa dipandang mata di level Asia.

Mereka bahkan sempat lolos ke Piala Dunia 1950 yang dihelat di Brasil meski akhirnya tidak jadi tampil dikarenakan berbagai alasan, mulai dari finansial hingga kurangnya persiapan.

Sebaliknya, Indonesia yang belum lama merdeka baru membangun kekuatan sepak bola nasionalnya yang pada masa penjajahan lebih banyak dikendalikan oleh Belanda.

Halaman
123
Editor: Adrian Yunus
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved