Breaking News:

Berita Ogan Ilir

Pertamina EP Prabumulih Beri Pembinaan Kreatifitas Kerajinan Purun Kaum Ibu di Desa Burai Ogan Ilir

Warga Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten OI yang terdiri dari kaum ibu diberikan pelatihan kreatifitas kerajinan anyaman berbahan purun

SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Sejumlah warga sedang mengolah bahan baku kerajinan anyaman purun yang nantinya akan disulap menjadi salah satu produk unggulan mulai dari anyaman tikar, souvenir, dompet, tas, sandal dan berbagai macam produk lainnya yang siap dipasarkan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA-- Belasan warga Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang terdiri dari kaum ibu diberikan pelatihan kreatifitas kerajinan anyaman berbahan purun.

Pelatihan yang diberikan kepada warga Desa Burai tersebut, merupakan binaan dari PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih melalui program CSR perusahaan.

Kegiatan pelatihan berlangsung sejak 4-12 Maret nanti bertempat di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu yang bekerjasama dengan kelompok "Usaha Bersama" yang dirintis oleh Karyani Utari.

Hasilnya nanti berbagai macam jenis produk unggulan yang tercipta melalui tangan-tangan kreatif pengrajin mulai dari anyaman tikar, souvenir, dompet, tas, sandal dan berbagai macam produk lainnya yang siap dipasarkan.

Sejumlah warga sedang mengolah bahan baku kerajinan anyaman purun yang nantinya akan disulap menjadi salah satu produk unggulan mulai dari anyaman tikar, souvenir, dompet, tas, sandal dan berbagai macam produk lainnya yang siap dipasarkan.
Sejumlah warga sedang mengolah bahan baku kerajinan anyaman purun yang nantinya akan disulap menjadi salah satu produk unggulan mulai dari anyaman tikar, souvenir, dompet, tas, sandal dan berbagai macam produk lainnya yang siap dipasarkan. (SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI)

Luna Maya Mujur, Sosok Ini Sebut Pernikahan Syahrini & Reino Barack Dipaksakan, Ada Perang Batin?

Preman Legendaris Hercules Rosario Sampaikan Pledoi, Sebelumnya Dituntut Jaksa Tiga Tahun Penjara

Disela-sela menghadiri kegiatan pembukaan pelatihan, PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih yang diwakili Erwin berharap kepada 17 orang peserta pelatihan ini jangan disia-siakan, manfaakan waktu yang singkat untuk lebih banyak belajar, waktu yang ada dimanfaatkan dengan hal-hal yang berguna untuk lebih banyak belajar.

"Jangan sungkan untuk bertanya. Selanjutnya, setelah pelatihan nanti tahap berikutnya akan diadakan seleksi terhadap peserta binaan," ucap Erwin.

Sementara itu, dijelaskan Karyani Utary selaku pendamping dan pembina pengrajin anyaman purun "Usaha Bersama" Desa Tanjung Atap menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pertamina EP Prabumulih yang mempercayai untuk bekerjasama mendampingi dan memberikan materi terhadap para pengrajin purun dari desa Burai.

"Mudah-mudahan kerjasama ini akan terus berlanjut kedepannya dan kepada peserta pengrajin agar bisa memanfaatkan ilmu yang diperoleh sehingga bisa mengembangkan kreatifitasnya dikemudian hari," harap Karyani.

Pantauan di lapangan, memasuki hari ketiga pelaksanaan pelatihan kreatifitas kerajinan berbahan purun, sebanyak 17 orang peserta terlihat bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan.

Sementara diketahui, purun merupakan jenis tumbuhan rumput liar yang sebagian besar hidup di air atau rawa salah satunya yakni banyak di temukan di Kabupaten Ogan Ilir. Oleh penduduk sekitar, purun tersebut dimanfaatkan untuk bahan baku kerajinan.

Terlihat cara mengolah purun menjadi bahan baku kerajinan yakni purun terlebih dahulu di jemur sampai kering, membersihkan kedua ujung purun dengan cara dipotong.

Lalu purun diberi warna dengan cara direndam ke dalam air hangat yang telah diberi zat kimia pewarna, setelah diwarnai purun kembali dijemur sampai kering agar warna tidak mudah luntur.

Selanjutnya purun ditumbuk-tumbuk agar benar-benar pipih, setelah melewati proses tersebut baru purun benar-benar dapat dijadikan bahan baku kerajinan.

===

Luna Maya Mujur, Sosok Ini Sebut Pernikahan Syahrini & Reino Barack Dipaksakan, Ada Perang Batin?

5 Cara Sederhana Membuat Penyegar Udara dari Bahan-bahan Alami, Buah Apel hingga Serai

Ratusan Peserta dari 21 Kecamatan se-Kabupaten Banyuasin Ikuti Seleksi STQ di Ponpes Al-Muhibin

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved