Berita Palembang

Pemerintah Beri Kelonggaran Masyarakat Palembang Ambil Rumah Subsidi, Gaji Maksimal Rp8 Juta

Pemerintah berencana memberikan kelonggaran kepada pegawai yang memiliki gaji maksimal Rp 8 juta agar dapat membeli rumah bersubsidi.

ISTIMEWA
Salah satu rumah subsidi Arizona 4 di Talang Jambe Palembang yang banyak diminati warga, Rabu (6/3/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Masyarakat Indonesia khususnya Palembang yang belum memiliki rumah kini bisa sedikit sumringah.

Pasalnya, pemerintah berencana memberikan kelonggaran kepada pegawai yang memiliki gaji maksimal Rp 8 juta agar dapat membeli rumah bersubsidi.

Wacana tersebut pun sangat disambut antusias oleh wong kito, lantaran selama ini para pegawai yang berpenghasilan di atas Rp 4,5 juta sudah tidak bisa mengambil rumah subsidi.

M Iksan, seorang pegawai swasta di Palembang mengaku selama ini ia kesulitan mendapatkan rumah subsidi, lantaran gaji yang ia terima melebihi syarat untuk mengambil rumah murah.

Sementara, untuk membeli rumah komersil ia tidak mampu dikarenakan uang muka rumah komersil cukup menguras kantong.

"Tentunya sangat senang jika ada aturan itu. Karena selama ini bisanya hanya ambil rumah komersil, sementara uang tidak cukup. Dengan ada kelonggaran ini kami pegawai bisa ambil rumah subsidi," ujarnya, Rabu (6/3/2019).

Senada, Dedi Wijaya pegawai lainnya mengatakan sebenarnya sejak lama ia ingin membeli rumah subsidi di kota Palembang yang berada di Tanjung Barangan atau di Sematang Borang. Hanya saja, selama ini ia terkendala dengan gaji per bulan yang diterimanya.

"Sebenarnya kalau mau ambil rumah komersil bisa saja, tapi DP nya itu besar sekali. Nah kalau komersil enak, per bulannya murah. Kan sisa gaji bisa digunakan untuk keperluan lain," jelas Dedi.

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Sumsel, Bagus Pranajaya mengatakan wacana yang dikeluarkan pemerintah ini sangat baik. Hanya saja wacana tersebut masih secara lisan sehingga pihaknya bersama perbankan belum dapat menerapkan aturan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved