Berita Palembang

Heboh Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lahat NIK Banyak Ganda, TPS 040 tak Ada Pemilih Perempuan

Jelang tinggal 44 hari lagi, awak media heboh dikejutkan dengan temuan DPT (Daftar Pemilih Tetap) banyak yang ganda di Kabupaten Lahat.

Heboh Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lahat NIK Banyak Ganda, TPS 040 tak Ada Pemilih Perempuan
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Direktur Eksekutif Musi Institute for Democracy and Electoral (MIDE) Andika Pranata Jaya SSos MSi menunjukkan adanya temuan DPT ganda di Kabupaten Lahat yang bisa diakses situs rekapitulasi DPT KPU. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Jelang tinggal 44 hari lagi, awak media heboh dikejutkan dengan temuan DPT (Daftar Pemilih Tetap) banyak yang ganda di Kabupaten Lahat.

Temuan DPT banyak yang ganda ini setelah awak media diskusi bersama-sama Direktur Eksekutif Musi Institute for Democracy and Electoral (MIDE) Andika Pranata Jaya SSos MSi melihat situs rekapitulasi DPT KPU.

"Awalnya kita kan setelah lihat rekapitulasi DPT KPU. Ada yang aneh, bagaimana bisa satu NIK yang sama bisa dipakai untuk mayoritas seluruh pemilih. NIK itu kan identitas tunggal katanya tidak bisa digunakan untuk orang lain, kok nyatanya digunakan utk banyak pemilih," ungkap Andika Pranata Jaya SSos MSi mengawali diskusi, Rabu (6/3/2019).

Sambil bersama-sama mengecek situs rekapitulasi DPT KPU, Andika menjelaskan lembaganya memang tengah meriset DPT dan banyak menulis soal DPT.

"Begitu akses DPT terbuka kami telusuri dan menemukan TPS Pasar Lama 040 Lahat kok laki-laki semua. Setelah didalami dengan memakai 0000 ketemu. Ini sudah kami laporkan sebagai temuan informasi awal ke Bawaslu RI tanggal 4 Maret 2019 sorw karena mereka punya kewenangan. Ini ada apa. Padahal sudah setahun lebih proses DPT ini. Dan dilakukan berjenjang. Berarti dari bawah ke atas jebol semua. Mestinya ada prosea verifikasi. Harapan kita ini diinvestigasi, ditelusuri dan diperbaiki," kata Andika Pranatajaya SSos MSi.

Bawaslu Tegur Wabub Muaraenim - Akui Video untuk Konsumsi Internal Partai

Pro-Kontra Jembatan Ampera akan Ditutup 5 Jam, Ini Tanggapan Pengamat Sosial Prof Abdullah Idi

Dalam suratnya yang disampaikan kepada Ketua Bawaslu Republik Indonesia  di Jakarta, Andika menyebut memenuhi ketentuan pasal 13 (poin 1 dan 2) Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu, disampaikan Informasi  Awal sebagai berikut :

1. Bahwa di TPS Nomor 040 Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, yang bisa dilihat pada laman https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/ diketahui Jumlah Pemilih Laki-laki 174 pemilih dan Jumlah Pemilih Perempuan Nol (Kosong),

2. Bahwa di dalam isi TPS ditemukan 167 pemilih dengan delapan (8) angka Nomor Identitas Kependudukan (NIK) sama yakni 16041000********

3. Bahwa dari 16 Digit angka NIK, diketahui bahwa digit ke 7 dan 8 merupakan angka yang menunjukkan tanggal lahir pemilik NIK. Dalam hal ini 167 pemilih di TPS 040 ini memiliki tanggal lahir 00,

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved