Berita Palembang

Lantik Pengurus PWI Sumsel 2019-2024, Herman Deru: Jangan Samakan Wartawan dengan Penggiat Medsos

Perkembangan arus teknologi informasi saat ini mengalami kemajuan yang signifikan. Media sosial jadi alat dalam penyebaran informasi.

Lantik Pengurus PWI Sumsel 2019-2024, Herman Deru: Jangan Samakan Wartawan dengan Penggiat Medsos
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Pelantikan Pengurus PWI Sumsel 2019-2024 di Griya Agung Palembang, Selasa (5/4/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Perkembangan arus teknologi informasi saat ini mengalami kemajuan yang signifikan. Media sosial jadi alat dalam penyebaran informasi. Sehingga, seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses seluruh informasi yang disebar dan diunggah oleh pengguna.

Hanya saja, informasi yang disebar acap kali kurang akurat. Bahkan, beberapa yang disebar hanya untuk menjatuhkan serta memajukan kepentingan golongan tertentu lantaran si pembuat informasi merupakan netizen bukan berasal dari wartawan yang tentunya memiliki informasi akurat dan berimbang.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan wartawan merupakan salah satu profesi yang tidak ada pensiunnya. Kemampuan menulis yang dimiliki bisa diberdayakan hingga hari tua.

Deru pun mengajak masyarakat untuk tidak menyamakan profesi wartawan dengan penggiat media sosial. Sebab, penerbitan informasi dari media massa melalui alur penyaringan yang baik serta sesuai dengan etika yang telah dibuat.

"Jangan samakan Wartawan dengan penggiat medsos. Produk jurnalistik itu sudah jelas informasi dan berimbang," ujarnya disela-sela pelantikan Pengurus PWI Sumsel 2019-2024 di Griya Agung Palembang, Selasa (5/4/2019).

Deru mengatakan, para jurnalis jangan menjadikan profesi tersebut sebagai pekerjaan sampingan, tetapi harus jadi utama serius dalam menggelutinya.

Peran pers sendiri sangat penting terutama dalam mempublikasikan kinerja pemerintah. Ia tidak bisa membayangkan perjalanan pemerintah tanpa publikasi yang dilakukan insan media.

"Jadi jangan pernah menjadikan profesi ini sebagai alternatif. Tetapi jadikanlah profesi utama dan serius dalam menggelutinya," tegasnya.

Pemilihan Ketua PWI beberapa waktu lalu dipandang Deru sebagai bagian dari proses demokrasi yang dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Mengutip dari pernyataan Mahathir Mohammad, Deru menjelaskan jika demokrasi bukanlah sistem yang sempurna tapi yang terbaik untuk saat ini.

"Saya yakin yang terpilih dalam konferensi beberapa waktu lalu dan pengurus yang ada saat ini merupakan yang terbaik. Mudah-mudahan bisa menjadi organisasi yang punya marwah," harap Deru.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, H Attal S Depari mengatakan wartawan diharapkan bisa memberikan pemberitaan yang bening dan sejuk di tengah perang informasi yang disebar melalui media sosial.

"Kita harus membangun informasi yang sehat objektif, independen dan berkualitas. PWI selaku organisasi yang menaungi wartawan juga harus independen," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar mengatakan organisasi PWI selama ini telah menjalin berbagai kerjasama dengan berbagai instansi serta perusahaan. Hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap organisasi yang menaungi wartawan tersebut.

"PWI sudah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dan instansi perusahaan. Kerjasama ini diharapkan bisa semakin memberikan kepercayaan terhadap wartawan dalam melakukan peliputan," katanya. (Oca)

Live Streaming PSS Sleman vs Madura United Piala Presiden 2019: Vidio.com Lewat HP Ini caranya

Pacar Kamu Sering Berbohong? Inilah 6 Cara Mengetahuinya, Nomor 4 Sering Terjadi!

Ani Yudhoyono Terisolasi, Aliya Rajasa Beberkan Kondisi Sang Mertua, tak Boleh Bertemu Siapapun!

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved