Berita Banyuasin

Temukan 5 Paket Sabu-Sabu, Satuan Narkoba Polres Banyuasin Sita Harta Benda Pemilik Rumah

Kasat Narkoba Polres Banyuasin, AKP Hidayat Amin dan anggota Kepolisian Muba dilaporkan ke Propam Polda Sumsel, Senin (4/3).

SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Kuasa hukum istri tersangka membuat laporan ke Propam Polda Sumsel, mengenai pelanggaran kode Etik saat penyitaan di rumah tersangka kasus narkoba, Senin (4/3). 

Laporan wartawan sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Warga Musi Banyuasin (Muba), melalui kuasa hukumnya melaporkan Kasat Narkoba Polres Banyuasin, AKP Hidayat Amin dan anggota Kepolisian Muba ke bagian Propam Polda Sumsel, Senin (4/3).

Hal tersebut bermula saat pihak kepolisian melakukan penyitaan di rumah tersangka Abi Siregar tersangka atas kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu, di Dusun III, Kelurahan Sukarami, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin pada 4 Januari 2019 lalu.

Pelaporan tersebut, merupakan pelanggaran kode etik profesi, lantaran saat dilakukan penyitaan tidak menyertakan surat penyitaan barang barang berupa mobil, motor, perhiasan dan uang milik tersangka.

Kuasa hukum Leni Merlianti, Muhammad Yusuf Amir SH dan Agustina Novita Sari SH menjelaskan saat kejadian Kasat Narkoba Polres Musi Banyuasin dan anggotanya melakukan penggeledahan dirumah kliennya, diduga mereka telah mengambil barang barang berharga milik kliennya tanpa hak karena tidak dilengkapi dengan surat berita acara penyerahan maupun penyitaan barang bukti.

"Adapun barang-barang telah diambil berupa satu unit FDR CCTV, mobil CRV satu unit, motor dua unit, emas seberat 45 suku dan uang sekitar 223 juta. Barang barang inilah yang disita tanpa status berupa bukti surat penyitaan dan barang ini tidak ada kaitannya dengan suami ibu Leni, Abi Siregar yang diduga pelaku narkoba," ujar Muhammad Yusuf Amir SH didampingi Agustina Novita Sari SH.

Keluarga Mampu Malu Rumahnya Ditempeli Merek Warga Miskin Penerima PKH

Dodi: Zaman Boleh Millenial, Tapi Jangan Ditinggal Belajar Baca Tulis Al-Quran

Bupati Banyuasin Askolani Apresiasi Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Menurutnya, yang menjadi tanda tanya, sebelum anggota melakukan penggeledahan dirumah kliennya, yang katanya anggota menemukan barang bukti narkoba, anggota terlebih dahulu mencabut atau pun mematikan kamera CCTV yang terpasang di rumah kliennya sehingga tidak bisa merekam semua kejadian yang ada didalam rumah.

"Kami berharap khususnya kepada Propam dan Kapolda Sumsel menindak lanjuti laporan klien kami sehingga klien kami bisa mendapatkan keadilan. Dan kejadian seperti ini sudah sering dilakukan oleh anggota polisi yang berada di lapangan dengan semena mena terhadap masyarakat yang belum tentu bersalah,"bebernya.

Mereka juga sudah mempertanyakan, kepada penyidik, dan sampai saat ini kejelasan barang milik kliennya tidak ada kejelasan atau pun tidak ada statusnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Musi Banyuasin AKP Hidayat Amin ketika dikonfirmasi mengatakan laporan yang dibuat oleh istri Leni Merlianti merupakan hak dari mereka karena apa yang dilakukan oleh Satres Narkoba Polres Musi Banyuasin sudah sesuai prosedur.

"Kami saat melakukan penggerebekan dirumah tersangka kami menemukan barang bukti narkoba lima paket masing-masing satu paket seharga 12 juta. Sedangkan terkait mobil, motor, perhiasan yang kami sita akan kami kenakan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)," jelasnya. (mg2)

====

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved