Berita Palembang

SDK Frater Xaverius 2 Palembang Gelar Pelatihan PTK Bersama PGSD Unika Musi Charitas

SDK Frater Xaverius 2 Palembang mengadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersama dosen PGSD Unika Musi Charitas.

SDK Frater Xaverius 2 Palembang Gelar Pelatihan PTK Bersama PGSD Unika Musi Charitas
Tribun Sumsel/Melissa Wulandari
Sebanyak 38 guru di SDK Frater Xaverius 2 Palembang mengikuti pembinaan akademik yang diadakan di aula lantai 3 SDK Frater Xaverius 2 Palembang. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Untuk memperbaiki kinerja guru dan memperbaiki mutu pembelajaran atau kualitas pembelajaran, SDK Frater Xaverius 2 Palembang mengadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersama dosen PGSD Unika Musi Charitas.

Sebanyak 38 guru SDK Frater Xaverius 2 Palembang mengikuti pelatihan PTK bersama PGSD Unika Musi Charitas ini.

Narasumber dan tim pengabdian Unika Musi Charitas, Katarina Retno mengatakan, kegiatan pelatihan PTK ini juga bertujuan menggali persoalan yang dihadapi oleh guru di kelas. 

"Jadi PTK ini gak harus untuk guru SD saja namun semua guru perlu mengetahui PTK ini, dalam hal ini guru SD di SDK Frater Xaverius 2 Palembang."

"Semua guru itu harus melakukan penelitian terutama Penelitian Tindakan Kelas (PTK)," ujar Katarina saat dibincangi Tribunsumsel.com, setelah kegiatan latihan selesai, Sabtu (2/3/2019).

Katarina juga mengatakan, setelah pelatihan PTK bersama 38 guru ini mereka diberi tugas dengan menargetkan mampu membuat proposal PTK.

"Setelah selesai proposal jadi akan kami cek selanjutnya kami juga akan memberikan saran perbaikan apabila ada yang tidak sesuai," jelasnya.

"Setelah tahap latihan ini seharusnya ada tahap kedua, yakni pelaksanaan penelitiaan dan tahap ketiga melakukan penulisan laporan secara utuh," katanya.

Sebanyak 38 guru di SDK Frater Xaverius 2 Palembang mengikuti pembinaan akademik yang diadakan di aula lantai 3 SDK Frater Xaverius 2 Palembang.
Sebanyak 38 guru di SDK Frater Xaverius 2 Palembang mengikuti pembinaan akademik yang diadakan di aula lantai 3 SDK Frater Xaverius 2 Palembang. (Tribun Sumsel/Melissa Wulandari)

Kepala SDK Frater Xaverius 2 Palembang, Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk., MPd., mengatakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research ini penting bagi guru.

"Apalagi PTK ini khususnya untuk guru-guru sertifikasi ada penilaian kinerja guru, lalu ada namanya SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) dimana bentuk wujudnya dalam bentuk PTK," katanya.

"Guru harus memiliki kinerja yang bagus tapi mampu membuat penelitian. Di pelatihan PTK ini guru-guru diajarkan, langkah-langkah tentang pembuatan PTK."

"Dan harapan saya adanya kegiatan ini maka kedepannya bisa menerapkan PTK itu," katanya. (Elm)

===

Simak artikel Sripoku.com lainnya di bawah ini :

Kampanye I Am and I Will, Berikut Tahapan Pengobatan Serta Deteksi Kanker Sejak Dini

Hasil Babak Pertama Piala Presiden Antara Perseru Serui Vs Persebaya, Skuad Djanur kalah 0-2

Tak Perlu Khawatir Ban Bocor atau Kurang Angin, Ini Daftar Lokasi Tampal Ban di Kawasan 8 Ilir

Jadwal Siaran Langsung dan Link Live Streaming Liga Inggris di MNC TV, MU vs Southampton

Teka-Teki Pelatih Permanen Manchester United Terjawab, Ole Gunnar Solskjaer Buat pernyataan Ini

===

VIDEO SRIPOKU TV :

Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved