Berita Palembang

Bawaslu Sumsel Segera Menggelar Pelatihan Saksi Parpol Pasangan Presiden Peserta Pemilu 2019

Bawaslu Sumsel akan menggelar pelatihan saksi partai politik dan pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019.

Bawaslu Sumsel Segera Menggelar Pelatihan Saksi Parpol Pasangan Presiden Peserta Pemilu 2019
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ/DOKUMEN
Ketua Bawaslu Sumatera Selatan, Iin Irwanto ST MM 

Laporan wartawan sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam waktu dekat akan menggelar pelatihan saksi partai politik (parpol) dan pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019.

Pelatihan tersebut rencananya akan diikuti sekitar 455.870 saksi yang akan bertugas di 25.326 tempat pemungutan suara (TPS) se-Sumatera Selatan.

Ketua Bawaslu Sumsel,  Iin Irwanto mengatakan pelatihan saksi peserta pemilu 2019 merupakan amanat pasal 351Undang-Undang 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Pelatihan ini dilakukan untuk membekali pengetahuan kepada para saksi, mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara, dan apa saja tugas, hak dan kewajiban para saksi. Nanti para saksi juga akan dibekali dengan buku saku yang tengah disiapkan para saksi,” ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Iin Irwanto didampingi komisioner lainnya Junaidi SE MSi, Iwan Ardiansyah SH, Yenli Elmanoferi, Syamsul Alwi SSos.I MSi Kamis (28/2/2019).

We The Youth Ajak Anak Muda Gunakan Hak Pilihnya pada Pilpres dan Pileg 2019

Lama Vakum, Karang Taruna Muaraenim Adakan Pertemuan Temu Karya Daerah

Ada Paslon Hendak Diculik dan Bom di Kantor KPU Kota Palembang, Ini yang Dilakukan Sispam Kota

Untuk rinciannya, sebanyak 455.868 saksi yang akan dilatih oleh Bawaslu tersebut, terdiri dari 405.216 saksi dari parpol dan 50.652 saksi untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Saat ini, Bawaslu Sumsel masih menunggu penyampaian nama saksi-saksi yang akan diajukan oleh parpol, tim kampanye dan badan pemenangan pasangan calon tingkat provinsi Sumsel.

“Penyampaian nama-nama saksi itu, kami tunggu hingga tanggal 5 Maret 2019. Pada rakor tanggal 21 Februari lalu kami sudah menyampaikan hal ini kepada perwakilan peserta pemilu yang hadir,” ungkap alumni Fakultas Teknik Elektro Universitas Sriwijaya ini.

Rencananya pelatihan saksi akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret – 10 April 2019. Pelatihan akan dilaksanakan Panitia Pengawas Pemilihan Umum tingkat kecamatan, di bawah supervisi Bawaslu Kabupaten/kota dan Provinsi secara berjenjang.

“Jika melihat jumlah peserta, agar lebih efektif kemungkinan besar pelatihan akan dibagi dalam beberapa angkatan atau termin,” pungkasnya. (Abdul Hafiz)

===

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved