Berita Musirawas

Diduga Jual Lahan Orang Lain ke Perusahaan Sawit, Pria di Musirawas ini Masuk Bui

Anggota Unit Reskrim Polsek Muara Beliti Polres Musirawas manangkap Darwis (35) warga RT12 Desa Suka Cinta Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas.

Diduga Jual Lahan Orang Lain ke Perusahaan Sawit, Pria di Musirawas ini Masuk Bui
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Tersangka Darwis 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS -- Anggota Unit Reskrim Polsek Muara Beliti Polres Musirawas manangkap Darwis (35) warga RT12 Desa Suka Cinta Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas.

Dia ditangkap karena diduga menjual lahan milik orang lain ke perusahaan perkebunan sawit PT Gunung Sawit Selatan Lestari (GSSL).

Akibatnya perusahaan mengalami kerugian, karena tidak bisa membuka lahan tersebut.

Kasus dugaan penipuan ini bermula ketika tersangka Darwis menjual lahan seluas 4,71 ha yang terletak diwilayah Sungai Kunan Ulak Desa Batu Bandung Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut kepada PT GSSL, pada 24 April 2013.

Persoalan muncul ketika pihak perusahaan akan melakukan land clearing terhadap lahan tersebut pada 24 Januari 2019.

Dimana, saat akan membersihkan lahan yang dibeli pihak perusahaan dari tersangka Darwis, ternyata lahan tersebut diklaim milik orang lain atas nama Syamsah Junaidi. Sehingga pihak perusahaan tidak bisa membuka lahan tersebut.

Akibatnya, pihak perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp23 juta dari pembelian lahan tersebut dan melaporkan tersangka Darwis ke Polsek Muara Beliti untuk diproses secara hukum, sesuai dengan Laporan Polis : LP/B-08/I/2019/Sumsel/Res Mura/Sek Beliti tgl 31 januari 2019.

Kapolres Musirawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek Muara Beliti AKP Sulis Pujiono mengatakan, berdasarkan laporan tersebut, pihaknya kemudian melakukan penangkapan terhadap terlapor.

"Tersangka penipuan dan penggelapan atas nama Darwis tersebut ditangkap di rumahnya Desa Suka Cinta Kecamatan Jayaloka, Sabtu (23/2/2019) sekitar pukul 17.00," ujar AKP Sulis Pujiono, Minggu (24/2/2019).

Dikatakan, saat ditangkap, tersangka tidak melakukan perlawanan dan mengakui semua perbuatannya.

Selanjutnya tersangka Darwis dibawa ke Polsek Muara Beliti untuk dilakukan pemeriksaan dan dimintai keterangan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Selain mengamankan pelaku, juga telah diamankan barang bukti berupa satu eksamplar dokumen ganti rugi atas nama Darwis dan juga ada keterangan dari saksi-saksi.

"Saat penangkapan pelaku juga membawa pisau sepanjang 25 cm yang diselipkan dinpinggang belakangnya, sehingga juga bisa dikenai pasal kepemilikan senjata tajam," ujar AKP Sulis Pujiono.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved