Pilpres 2019

Cegah Politik Uang, KPU Palembang Batasi Uang Transportasi dan Makan Kampanye Pemilu Rp 46 Ribu

Cegah Politik Uang, KPU Palembang Batasi Uang Transportasi dan Makan Kampanye Pemilu Rp 46 Ribu

Cegah Politik Uang, KPU Palembang Batasi Uang Transportasi dan Makan Kampanye Pemilu Rp 46 Ribu
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketua KPU Kota Palembang, H Eftiyani SH 

Cegah Politik Uang, KPU Palembang Batasi Uang Transportasi dan Makan Kampanye Pemilu Rp 46 Ribu

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dalam rangka untuk mencegah politik uang, KPU Kota Palembang menerapkan aturan mengenai uang transportasi dan makan dalam acara kampanye pemilu yang dibatasi Rp 46 ribu.

"Dalam putusan KPU RI nomor: 278/PI.02.4-Kpt/06/KPU/I/2019, yang dikeluarkan pada 26 Januari 2019 tentang biaya minum, makan dan transportasi peserta kampanye. Untuk besaran nilainya diserahkan paling banyak, sama dengan standar biaya daerah yang ditetapkan oleh Pemda setempat," ungkap Ketua KPU Kota Palembang, H Eftiyani SH didampingi Komisioner KPU Palembang Divisi Hukum dan Pengawasan A Malik Syafei MH, Jumat (22/2/2019).

Komisi Pemilihan Umum membuat terobosan, peserta pemilu boleh memberikan uang transportasi dan makan kepada peserta kampanye, tetapi dalam bentuk voucher atau kupon.

Latar belakang munculnya terobosan ini karena Badan Pengawas Pemilu kesulitan mengusut kasus dugaan politik uang dalam bentuk biaya transportasi dan makan peserta kampanye.

KPU mengambil keputusan membolehkan pembagian kupon transportasi kampanye, termasuk kupon makan, dalam rangka menindaklanjuti regulasi dari KPU RI.

Menindaklanjuti kebijakan atau regulasi dari KPU RI, bahwa dalam kampanye, transportasi dan makan peserta kampanye tidak boleh dalam bentuk uang, maka KPU memutuskan pemberiannya boleh dalam bentuk kupon.

KPU menetapkan pemberian transportasi dan makan bisa menggunakan voucher (kupon).

Sepanjang, dalam voucher itu disebutkan, tidak bisa diuangkan.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved