Berita Palembang

Hari Pertama Pendaftaran SNMPTN Peserta Tertipu Website Abal-abal, Waspada Situs yang Janji Lulus

Hari pertama pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) untuk tahun 2019, situs resmi jalur undangan tersebut mulai ramai dikunjungi calon mahasi

Hari Pertama Pendaftaran SNMPTN Peserta Tertipu Website Abal-abal, Waspada Situs yang Janji Lulus
https://pdss.snmptn.ac.id/
Website Snmptn. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Hari pertama pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) untuk tahun 2019, situs resmi jalur undangan tersebut mulai ramai dikunjungi calon mahasiswa (cama), Senin (4/1/2019).

Sebelumnya peserta kelas XII ini terlebih dahulu mengisi Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) melalui sekolah masing-masing.

Sayangnya, masih ada oknum yang memanfaatkan momen ini untuk mengkelabuhi peserta. Salah satunya beredar info ada situs laman SNMPTN yang hoax.

Hal ini diakui Fatimah, salah satu peserta SNMPTN dari MAN 2 Palembang.

Hanya Satu Hari, 130 Lebih Peserta Ikuti Seleksi Payaraman United U-20

Ibu Rumah Tangga Ini Dikejar Tim Serigala Polres OI Sampai ke Jakarta, Ternyata Ini Penyebabnya

Video Jelang Imlek Harga Ikan Gabus Giling Makin Murah, Ini Penyebabnya

Saat hari pertama pendaftaran kemarin, ia dan teman-temannya mencoba mendaftar ke situs webx.snmptn.ac.id. Saat pertama kali membuka situs tersebut, ia dan teman-temannya dinyatakan lulus passing grade. "Awalnya kami sudah senang semua, tinggal mendaftar saja.

Ternyata setelah diberitahu pihak sekolah kalau itu hoak banyak teman yang menangis," ujarnya.

Bahkan ada beberapa peserta yang menyangkal jika ada masalah dengen situs webnya. Setelah ditelusuri laman webx.snmptn.ac.id. dinyatakan palsu. "Banyak sekali kawan Fatimah yang nangis gara-gara itu. Karena saat di awal dinyatakan lulus semua. Saat diberi situs aslinya kami cek lagi, ternyata banyak yang tidak lulus," terangnya.

Beruntungnya Fatimah dinyatakan lulus passing grade di situs SNMPTN yang asli, yakni www.snmptn.ac.id. Namun ia cukup sedih karena beberapa temannya sempat berharap karena dinyatakan lulus di akun hoax tersebut. "Kalau di situs resmi ini sangat jelas pengumumannya, saat login pertama masuk tapi saat diulang lagi ternyata tidak lulus passing grade dan dianjurin buat ikut SBMPTN," jelasnya.

Terkenal Sejak Dahulu, Ini Manfaat Daun Sirih, Salah Satunya Untuk Luka Bakar

Apresiasi Penerimaan Pajak Sumsel Capai 96 persen, Namun Komisi XI DPR RI Titip Pesan

Buron Selama 2 Tahun, Pelaku Pembunuhan Sadis di OKU Tewas Setelah Sempat Tusuk Polisi Membabi Buta

Menanggapi informasi tersebut, Humas panitia lokal SNMPTN Unsri, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA mengingatkan peserta untuk jeli saat mengecek pendaftaran SNMPTN. Sebab banyak sekali oknum yang mengambil celah untuk menyalahgunakan situs ini. "Kalau situs resminya www.snmptn.ac.id atau www.snmptn.ltmpt.ac.id. Waspada situs hoax yang menjanjikan kelulusan," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved