Berita Palembang

KPU Umumkan 3 Caleg Sumsel Mantan Narapidana Koruptor. Ini Nama-namanya

Sebanyak tiga orang Caleg asal Sumsel mantan Narapidana Korupsi ikut diumumkan ke publik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

KPU Umumkan 3 Caleg Sumsel Mantan Narapidana Koruptor. Ini Nama-namanya
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketua KPU Provinsi Sumsel, Dra Kelly Mariana 

Laporan wartawan sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG ---Sebanyak tiga orang Caleg asal Sumatera Selatan mantan narapidana korupsi (Napikor) ikut diumumkan ke publik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 

Ketiga caleg asal Sumsel itu yakni Luc untuk DPD RI, Zul Caleg DPRD Kota Pagaralam  dan Jon Caleg DPRD Kota Pagaralam.

Menurut Ketua KPU Provinsi Sumsel, Dra Kelly Mariana, diumumkannya daftar nama Caleg mantan Napikor ini sebagai bahan untuk diketahui oleh masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya.

"Pengumuman itu hanya sebagai pertimbangan bagi masyarakat untuk memilih. Pengumuman itu bisa dilihat pada website KPU dan media baik elektronik maupun cetak," kata Kelly.Latar belakang diumumkannya status caleg mantan terpidana korupsi kepada masyarakat yakni Pasal 182 dan Pasal 240 Undang-undang (UU) Nomor 7 tahun 2017.

"Dalam undang-undang itu mensyaratkan caleg dengan status mantan terpidana untuk mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik," kata alumnus Fisipol Unsri.

Bupati Muba Dodi Alex Noerdin Melantik dan Meresmikan 155 CP{NS Formasi 2018

Fakta Baru Pembunuhan Mahasiswi UIN RF Palembang. Korban Dirampok Usai Mengantar Ibu ke Kebun

Rektor UIN Berharap Pembunuh Mahasiswinya Segera Ditangkap. Kapolda Sumsel Janji akan Tindak Tegas

KPU RI mengumumkan telah mengumumkan nama-nama caleg DPD (Dewan Perwakilan Daerah), DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang berlatar belakang mantan terpidana korupsi, Rabu (30/1) malam.

Dari total 49 caleg berlatar belakang mantan terpidana korupsi tersebut, terdiri dari 9 calon DPD, 16 calon DPRD Provinsi serta 24 calon DPRD Kabupaten/Kota.

Dari nama-nama caleg untuk DPR RI tidak ada (caleg mantan terpidana korupsi). Dari 16 partai politik nasional, tercatat ada 12 partai politik yang ada mantan terpidana, sementara 4 partai lainnya tidak terdata ada mantan terpidana baik DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

"Pengumuman ini dilakukan pada media cetak dan diumumkan pada saat mereka mendaftarkan diri pada masa pendaftran caleg oleh partai ke KPU. Laporan atau halaman koran harus diserahkan atau dilampirkan dan diserahkan ke KPU dimana caleg tersebut mendapat," tambah Amrah Muslimin SE MSi, Komisioner KPU Provinsi Sumsel Divisi SDM dan Parmas. (Abdul Hafiz)

====

Tonton Video Terbaru di Youtube SripokuTV!
Dont Forget Like, Comment, Subscribe and Share!
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved