Berita Palembang

KPU Palembang Buka Rekrutmen KPPS, Catat Jadwal dan Persyaratannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang mengingatkan agar dalam perekrutan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara)

KPU Palembang Buka Rekrutmen KPPS, Catat Jadwal dan Persyaratannya
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketua KPU Palembang H Eftiyani SH 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang mengingatkan agar dalam perekrutan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) pada awal Maret 2019 mendatang supaya yang memiliki stamina kuat dan jangan yang sudah uzur alias terlalu tua.

"Jangan sampai yang tuo nian, yang lah uzur jadi KPPS.

Prinsipnya kalau bisa yang masih muda, yang masih kuat. Boleh-boleh bae tuo tapi yang masih kuat, mampu bergadang," ungkap Ketua KPU Palembang H Eftiyani SH, Jumat (1/2/2019).

Diakui Eftiyani meski sampai sekarang belum dibikin batasan usia yang ditetapkan secara baku karena masih menunggu petunjuk teknisnya.

Uang Hasil Jualan Warung Manisan Digasak Pencuri, Kotaknya Ditinggalkan Pelaku di Dekat Kamar Mandi

Debitur Bandel Soal Tagihan, Siap-siap Langkah Ini yang Dilakukan BSB Cabang Palembang

Caleg Hanura se Sumsel Sepakati Besaran Urunan Dana Saksi. Ini Sanksi yang tak Berpartisipasi

"Soal berapa batasan usianya kita belum bikin. Tapi syaratnya berijazah minimal SMA. Naha syarat fisiknya terkadang Ketua RT kan ada yang sudah uzur.

Makanya kita minta kesiapan fisik pada rekrutmen KPPS pada awal Maret nanti," kata Eftiyani yang telah berpengalaman menjadi Ketua KPU Kota Palembang periode 2009-2014.

Dijelaskannya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau disingkat dengan KPPS dibentuk oleh PPS atas nama KPU Kota Palembang untuk melaksanakan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS.

"Anggota KPPS sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri atas seorang ketua merangkap anggota dan enam anggota serta dibantu oleh 2 (dua) orang petugas ketertiban dan keamanan TPS. Berikut adalah tugas dan wewenang kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS)," kata Eftiyani.

Kejar Target Atas Perintah Bupati, Operator Desa Mendadak Belajar Siskeudes

Pria Ini Laporkan Adik Kandungnya ke Polresta Palembang, Ternyata Ini Alasannya

Ratusan Pelajar Merahkan Atrium PS Mall Palembang, Konser Imlek Sekolah Maitreyawira

Menurut Alumnus Fakultas Hukum UMP wisuda tahun 1989 ini, adapun alasan kenapa keaiapan fisik calon anggota KPPS cukup penting karena untuk mengantisipasi saat penghitungan suara yang melebihi batas waktu pukul 00.00 dini hari.

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved