Buya Menjawab

Doa dan Dzikir Sesudah Sholat

Ada buku kecil berjudul Dzikir Pagi Petang dan sesudah shalat Fardhu. Menurut al-Quran dan as-Sunnah yang Shahih Pustaka Imam Asy-Syafii 2018 oleh

Doa dan Dzikir Sesudah Sholat
Istimewa
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
USTADZ, ada buku kecil berjudul Dzikir Pagi Petang dan sesudah shalat Fardhu. Menurut al-Quran dan as-Sunnah yang Shahih Pustaka Imam Asy-Syafii 2018 oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

Berita Lainnya:
Bacaan Doa dan Dzikir Lengkap Setelah Sholat Fardhu, Jadi Penggugur Dosa dan Tambahan Pahala
Pengajian Al Islam Serasan Sekate Muba Gelar Doa Dan Dzikir Bersama

Dalam buku itu tertulis; seputar kesalahan setelah shalat; Berikut beberapa kesalahan dan bid'ah yang dilakukan setelah shalat fardhu lima waktu;

1. Mengusap muka setelah salam
2. Berdo'a dan dzikir secara berjamaah dengan dipimpin imam shalat.
Mohon penjelasannya Ustadz. Terimakasih.
08127822xxx

Jawab:
Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Hak beliau (Yazidbin Abdul Qadir Jawas) untuk menyatakan pendapatnya dalam kajian Fiqh, akan tetapi terlalu sombong apabila menyatakan pendapat yang berbeda dengan pendapatnya adalah salah dan bid'ah. Seperti yang disalahkan dan dibid'ahkan beliau yang ananda kemukakan, padahal ada landasan hukumnya;

1. Mengusap muka setelah salam dilakukanan oleh Rasulullah Saw. sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Abu Bakr bin Muhammad Syatha' dalam Kitab I'anah al-Thalibin menyatakan; "(Faedah) Imam Nawawi dalam (kitabnya) al-Azkardan kami meriwayatkan (hadits) dalam kitabnya Ibnal-Sunni dari sahabat Anas RA bahwa Rasulullah SAW apabila selesai melaksanakan shalat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya, lalu berdo'a, "Saya bersaksi tiada Tuhan kecuali Dia Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, hilangkanlah dariku kebingungan dan kesusahan. "(I'anah al-Thalibin, Juz I, hlm.184-185). (Do'a tersebut dibaca Rasulullah dalam bahasa Arab. ASYHADU ANLAA ILAAHA ILLALLAAH HUARROHMAANURROHIMU ALLAAHUMMAZHIB `ANNIL HAMMA WAL HAZANA)

2.Do'a dipimpin oleh imam adalah menurut sabda Rasulullah Saw. Begitu pula zikir bersama-sama;

Dzikir-dzikir setelah sholat
Setelah melaksanakan sholat fardhu, disunnatkan untuk membaca dzikir dan do'a. Dzikir istighfar setelah sholat dapat menambal kekurangan dalam sholat, sedangkan do'a adalah langkah untuk mendapatkan tambahan pahala setelah mendekat kepada Allah dengan shalat.

Dzikir tersebut dibaca dengan suara rendah sesuai dengan urutan, kecuali bagi imam yang hendak mendidik para makmum, maka boleh baginya untuk ber-dzikir dengan suara keras dengan menghadap kepada para makmum, sambil kaki kirinya ke arah mihrab.(Ad-Darul Mukhtar, Vol. I, hlm.595; al-Muhadzab, Vol. I, hlm.80).

Samurah berkata;" Jika setelah selesai sholat, Rasulullah saw. berbalik menghadap ke arah kami". (HR.Bukari. Imam Muslim dan Abu Dawud meriwayatkan dari al-Bara' bin Azib, ia berkata," Jika sholat di belakang Rasulullah Saw. kami suka berada di sebelah kanan sehingga setelah selesai sholat beliau menghadap ke arah kami".- (Nailul Authar, Vol.II, hlm. 306).

Halaman
1234
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved