Lapor Mang Sripo

Buat Kartu Identitas Anak Wajib Bayar?

Sempat beredar kabar di lingkungan IB I Palembang bahwa pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) menggunakan biaya, apa benar demikian?

Buat Kartu Identitas Anak Wajib Bayar?
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Ilustrasi - Contoh Kartu Identitas Anak (KIA) 

SRIPOKU.COM - Sempat beredar kabar di lingkungan IB I Palembang bahwa pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) menggunakan biaya, apa benar demikian? Kami minta, andai tidak ada biaya, mohon pelaksanaan pembuatan KIA ini diawasi sehingga tidak ada yang dirugikan.

Berita Lainnya:
Syarat Kartu Identitas Anak Simpang Siur
Fungsi dari Kartu Identitas Anak

Isu-isu seperti ini sebenarnya sudah sangat sering jika konteksnya berkaitan dengan layanan masyarakat. Jadi, mohon jangan didiamkan karena KIA ini program baru sehingga mungkin saja masih banyak yang belum tahu.
089862830xx

Jawaban
Memang ada beredar kabar jika lewat dari tanggal 17 Januari pembuatan KIA akan dikenai biaya serta urusan bakal dipindahkan ke Kantor Disdukcapil Kota Palembang. Itu salah. Pembuatan KIA tetap disini (kantor camat IB I), mengenai kabar bahwa adanya pungutan biaya dalam mengurus KIA tidaklah benar melainkan tetap secara gratis. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan percaya dengan kabar tersebut.

Penerbitan KIA terdiri dari dua jenis. Diantaranya, untuk anak usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun dan sudah dimulai sejak tanggal 7 Januari.

Sejak dimulainya pembuatan KIA, antusias warga IB I hingga pada minggu pertama sebanyak 1.571 anak, kemudian semakin jadi pada minggu kedua yakni sebanyak 4.013 anak. Rata-rata pada minggu kedua bahkan mencapai 800 orang perhari. Oleh sebab itu mulai hari ini kami batasi pendaftaran cukup 500 anak per hari agar tak terlalu banyak menumpuk. Setelah data terkumpul dari kecamatan maka akan diserahkan secara kolektif ke Disdukcapil. (mg3)

Masayu Siti Soraya
Pelaksana pembuatan KIA Kecamatan IB I Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

===

Tonton Video Terbaru di Youtube SripokuTV!
Dont Forget Like, Comment, Subscribe and Share!
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved