News Video Sripo

Video Menilik Aktifitas Penghuni Kampung Tunanetra di Palembang

Banyak warga yang belum tahu adanya Kampung Tunanetra di Palembang, yakni berlokasi di Jalan Mangkunegara RT 30 RW 01 Kelurahan 8 Ilir IT 2 Palembang

Penulis: Rahmad Zilhakim | Editor: Igun Bagus Saputra

Menilik Panti Pijat di Kampung Tunanetra Palembang, Cari Makan Hingga Bertemu Jodoh di Sini

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Banyak warga yang belum tahu adanya Kampung Tunanetra di Palembang, yakni berlokasi di Jalan Mangkunegara RT 30 RW 01 Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) 2 Palembang.

Di kampung ini, tidak hanya dihuni oleh para penyandang tunanetra saja, namun juga didiami oleh orang awam yang berbaur bersama para penyandang tunanetra sebagai mitra bakti membantu para tunanetra melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukannya.

Pantauan Sripoku.com di lokasi pada Rabu (30/1/2019), mereka hidup normal dengan caranya masing-masing, misalnya pergi ke Masjid menunaikan Salat Zuhur berjemaah dan bercanda sembari menyuap makan buah hati mereka.

Aktivitas warga di Kampung Tunanetra di Jalan Mangkunegara RT 30 RW 01 Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) 2 Palembang, Rabu (30/1/2019). (SRIPOKU.COM/PAIRAT) • Wisata Sejarah ke Monpera Palembang, Tambah Pengetahuan dan Bisa Foto Sejajar dengan Jembatan Ampera.

Uniknya, tampak sebagian dari mereka juga mampu menggunakan peralatan teknologi seperti telepon seluler.

Cara mereka menggunakan telepon seluler atau ponsel ini pun tergolong istimewa yakni dengan cara mengaktifkan keypad voice pada setiap tombol gadget bahkan saat si penelpon memanggil pun akan secara otomatis terdengar nama si penelpon.

Selain itu, juga menghafal tempat menyimpan nomor telepon dan juga mengingat siapa yang akan ditelpon, hebatnya sebagian mereka juga bisa mengirim pesan singkat.

Sejumlah foto penguni kampung tunanetra yang tergabung dalam DPD Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Sumsel. (SRIPOKU.COM/PAIRAT)Kehidupan warga di kampung tunanetra ini tergolong unik, bahkan salah seorang warga penyandang tunanetra bernama Ripiani pun mengungkapkan bertemu jodoh pun di kampung tunanetra.

"Ya jodohnya ketemu di sini, kebetulan sekarang sama-sama jadi tukang pijat di sini," ungkap Ripiani dengan malu.

Di tengah perkampungan tunanetra ini berdiri DPD Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Sumsel.

= = =

Saat ditemui Sripoku.com, Agus Palsah Ketua DPD Pertuni Sumsel mengatakan kehadiran Pertuni DPD Sumsel ini membawahi 6 Pertuni cabang yang tersebar di Sumsel, yakni DPC Kota Palembang, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, OKU Induk, Pagaralam dan Muaraenim.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved